Nagari Batu Bulek Bentuk Forum KS Pandang Budi


Ahad, 20 Oktober 2019 - 19:04:51 WIB
Nagari Batu Bulek Bentuk Forum KS Pandang Budi Forum KS Pandang Budi saat menggelar pertemuan di Batubulek, Lintau Buo Utara. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Program Keserasian Sosial (KS) adalah salah satu program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial, bertujuan untuk menciptakan tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis.

Hal itu diungkapkan Kadis Sosial dan PPPA Tanah Datar Yuhardi saat Dialog Tematik Forum Keserasian Sosial Pandang Budi di Masjid Babusallam Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara, Sabtu (19/10).

Menindaklanjuti program itu, kata Yuhardi, Nagari Batu Bulek membentuk forum KS Pandang Budi yang termasuk satu dari tiga KS di Tanah Datar yang memperoleh bantuan Kemensos RI pada 2019 ini sebesar Rp150 juta.

“KS bisa berbentuk kegiatan fisik atau non fisik dengan melibatkan masyarakat secara langsung, dengan bantuan yang diterima KS Pandang Budi dari Kemensos RI, dibagi Rp100 juta pembangunan fisik dan Rp50 juta pembangunan non fisik. Dari bantuan inilah pembangunan tali bandar Jambu Jorong Simpang dilaksanakan, namun pengerjaan dengan sistem gotong royong,” ujarnya.

Dengan program ini, harap Yuhardi, bisa semakin mempererat silaturahmi di antara sesama masyarakat, juga bisa meningkatkan rasa saling memiliki terhadap sarana yang dimiliki sehingga semua juga ikut menjaga dan memelihara apa yang telah dibuat bersama.

Sementara itu Kadis Sosial Provinsi Sumbar diwakili Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Iskandar yang turut hadir saat itu, mengungkapkan, program KS sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dilaksanakan langsung oleh masyarakat setempat.

“Program KS dapat meningkatkan rasa kepedulian dan keharmonisan di antara tatanan masyarakat kita, karena itu tentunya program KS berlanjut dan bisa ditularkan ke nagari lain,” katanya. (h/fma)

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]