Menerka Kejutan dari Jokowi Saat Umumkan Menteri


Senin, 21 Oktober 2019 - 07:24:28 WIB
Menerka Kejutan dari Jokowi Saat Umumkan Menteri Presiden Joko Widodo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal memberi kejutan saat pengumuman menteri-menteri yang bakal membantunya di periode kedua. Ada sejumlah prediksi mengenai kejutan apa yang dimaksud.

Pengamat politik dari CSIS Arya Fernandes menilai ada tiga poin yang bisa saja masuk kategori kejutan. Poin pertama terkait koneksi antara keinginan publik dengan kebijakan pemerintah yang belakangan ini dinilainya kerap berseberangan.

"Soal kejutan, di akhir periode ini kan terjadi diskoneksi antara aspirasi publik dengan pilihan-pilihan politik Istana. Nah, diskoneksi itu membuat turunnya kepuasan publik terhadap kerja pemerintahan seperti yang terekam dalam survei Litbang Kompas. Ke depan presiden harus bisa memastikan suara publik itu terwakili dalam proses pembuatan kebijakan di Istana. Apa kejutannya? Kejutan yang kita tunggu adalah apakah presiden mampu memenuhi ekspektasi mendasar publik soal kabinet yaitu soal kebaruan," kata Arya, Minggu (20/10/2019).

Dia memperkirakan kejutan bisa saja berupa kabinet dengan wajah-wajah baru untuk menggantikan menteri-menteri yang kinerjanya dinilai buruk. Meski demikian, dia berharap Jokowi mempertahankan menteri yang kerjanya bagus dan memilih menteri baru dengan melihat rekam jejak.

"Soal inovasi, apakah ada kebaruan dari nama-nama yang diusulkan gitu. Presiden tentu harus mempertimbangkan kalau ada menteri petahana yang punya kerja baik ya harus dipertahankan," tuturnya.

Prediksi kedua, kata Arya, kejutan bisa saja terjadi karena koalisi yang gemuk. Menurutnya, negosiasi terkait kursi menteri dalam koalisi yang gemuk akan menjadi lebih rumit.

"Mengelola koalisi yang tambun itu bukan hal mudah karena jalur komunikasinya lebih panjang. Negosiasi menjadi lebih rumit. Potensi disharmoni internal juga bisa muncul ya," ujarnya.

Berikutnya, Arya memprediksi Jokowi bakal membuat kejutan terkait menteri-menteri di bidang ekonomi. Apalagi, kata Arya, tantangan ekonomi saat ini rumit.

"Kejutan tim ekonomi menurut saya paling penting karena tantangan ke depan cukup rumit, potensi resesi, situasi ekonomi domestik juga," ucap Arya.

Soal keberadaan kejutan ini pertama kali disampaikan oleh Sekjen NasDem Johnny G Plate. Johnny berharap rakyat Indonesia menunggu pengumuman kabinet karena menurutnya akan ada kejutan.

"Ini dia, ini bukan untuk merahasiakan (pengumuman kabinet). Tetapi agar kita menjemputnya dengan kegembiraan, dibutuhkan juga element of surprise (elemen kejutan). Karena itu juga nanti akan menggembirakan negeri khatulistiwa kita ini. Kita tunggu itu, ini bagian dari penantian yang membahagiakan," ujar Johnny.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]