Analisa Gestur: Prabowo Legowo, Sandi Kecewa


Senin, 21 Oktober 2019 - 07:34:41 WIB
Analisa Gestur: Prabowo Legowo, Sandi Kecewa Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Gerindra yang juga Capres di Pilpres 2019, Prabowo Subianto beserta pasangannya di Pilpres, Sandiaga Uno, datang ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Keduanya dinilai menampilkan gestur berbeda saat hadir di pelantikan tersebut.

Pakar gestur dari Paul Ekman International Indonesia, Monica Kumalasari, punya analisis tersendiri terhadap gestur keduanya. Monica mengawali analisisnya dengan melihat ekspresi dan gerakan-gerakan Prabowo saat acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf dan membandingkannya dengan gestur Prabowo saat 2014.

"Kalau kita lihat dulu dari Pak Prabowo. Beda dari 2014, diisukan bakal ada demo sampai seminggu sebelum pelantikan Pak Jokowi datang ke Hambalang. Nah, bedanya sekarang justru Pak Prabowo yang datang ke Pak Jokowi. Ketika saya melihat gesturnya tadi, terutama di facial expression-nya memang nggak ada beban juga Pak Prabowo sekarang," ujar Monica, Minggu (20/10/2019) malam.

Dia menilai Prabowo terlihat secara ksatria mengakui tak ada masalah lagi soal Jokowi-Ma'ruf yang dilantik sebagai Presiden-Wapres. Namun, gestur yang berbeda disebutnya tampak dari Sandiaga.

"Sandiaga Uno beliau dari zaman debat presiden cium tangan ke yang lebih tua, soal sopan santun Sandiaga sangat bagus. Hanya, yang saya perhatikan adalah di ekspresi wajahnya ketika mendengar pidato Pak Jokowi matanya memang memancarkan senyum, tetapi bibirnya tidak," ucapnya.

Menurutnya, dalam micro expression bisa terlihat emosi yang dipancarkan seseorang. Monica menilai masih ada kekecewaan yang terlihat dari ekspresi wajah Sandiaga.

"Dari bibirnya itu mengindikasikan, kalau orang senyum di kiri dan kanan itu ada otot-otot yang ketarik lah gitu, tapi tadi pada bibirnya saya menemukan ada shuttle expression di mana emosinya tadi adalah emosi seperti sedih. Mungkin, dugaan saya beliau kan effort-nya sudah luar biasa untuk maju ke kancah ini. Jadi ya tetap ada kekecewaan ya. Saya melihat kalau dari emosinya adalah seperti itu," tuturnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]