Terkait Perppu KPK, Ini Langkah BEM Nusantara


Senin, 21 Oktober 2019 - 09:37:51 WIB
Terkait Perppu KPK, Ini Langkah BEM Nusantara Ilustrasi

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara mengadakan pertemuan pengurus pusat bersama koordinator daerah di Kota Bandung, Minggu (20/10). Dalam pertemuan tersebut, BEM Nusantara masih menaruh perhatian pada isu UU baru KPK yang telah disahkan.
"Ada tiga yang mau kita tempuh mengenai UU KPK. Pertama, mendorong presiden RI untuk mengeluarkan Perppu, kedua kami akan melakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi, dan ketiga berdialog dengan DPR RI melakukan legislatif review," kata Koordinator Pusat BEM Nusantara Hengky Primana di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Minggu (20/10).
Hengky mengatakan, BEM Nusantara mendukung penuh pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Namun, menurut dia, BEM Nusantara juga siap melakukan dialog bersama DPR untuk membahas terkait legislative review serta berdialog bersama Presiden Jokowi guna memberikan pertimbangan untuk segera mengeluarkan Perppu.

Hengky juga menyampaikan, BEM Nusantara bersikap netral pada semua jalur agar Perppu tercapai. Baik itu yang bersifat dialog maupun aksi turun langsung ke jalan.
"Tentunya dengan turun aksi ke jalan menyuarakan ke pemerintah, kita butuh Perppu. Karena sampai saat ini belum ada pintu dialog dari pemerintah kepada kami. Kalau seandainya pemerintah ingin membukakan pintu berdialog, biar kami jawab dengan ilmu apapun itu pertanyaan dari pemerintah dan kami berharap pemerintah juga menjawab dengan ilmu pertanyaan pertanyaan kami itu," ujarnya.
Dia menyebutkan, mahasiswa telah melakukan kajian perihal UU KPK yang baru. Namun kajian tersebut masih dibahas secara internal dan belum bisa dibeberkan saat ini.
"Kami sudah merumuskan setidaknya ada delapan pasal yang bermasalah di UU KPK dan sudah kami siapkan kajiannya," ucapnya.


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 November 2019 - 18:36:46 WIB

    Terkait Perppu KPK, Mahfud MD: Presiden Masih Menunggu

    Terkait Perppu KPK, Mahfud MD: Presiden Masih Menunggu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, mengungkapkan, Presiden Joko Widodo belum memutuskan akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Komisi Pember.
  • Jumat, 01 November 2019 - 08:51:45 WIB

    Ini Kata Komunitas Niqab Terkait Pelarangan Cadar di Instansi Pemerintah

    Ini Kata Komunitas Niqab Terkait Pelarangan Cadar di Instansi Pemerintah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komunitas perempuan bercadar yang tergabung dalam Niqab Squad menanti hasil kajian Kementerian Agama mengenai wacana larangan menggunakan cadar di instansi pemerintah. Hal ini merespons rencana Men.
  • Jumat, 01 November 2019 - 07:21:02 WIB

    Terkait Pemangkasan Eselon, Ini Permintaan Menkominfo

    Terkait Pemangkasan Eselon, Ini Permintaan Menkominfo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemangkasan eselon di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan dilakukan melalui evaluasi mendalam terlebih dahulu..
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 16:40:00 WIB

    Terkait Kekerasan di IPDN, Ini Ancaman Mendagri Tito Karnavian

    Terkait Kekerasan di IPDN, Ini Ancaman Mendagri Tito Karnavian JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tidak ingin budaya kekerasan di lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dipertahankan. Menurutnya, budaya tersebut tidak bisa dipertahankan dengan a.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 11:57:20 WIB

    Ini Balasan Ahok Terkait Sindiran Anies Soal Sistem e Budgeting Anggaran

    Ini Balasan Ahok Terkait Sindiran Anies Soal Sistem e Budgeting Anggaran JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membalas sindiran Gubernur Anies Baswedan yang menyinggung sistem e-budgeting dalam polemik anggaran Pemprov DKI. Dia mengingatkan perl.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM