Gerindra Disebut Masuk Koalisi Jokowi, Inikah Sosok Menterinya?


Senin, 21 Oktober 2019 - 09:53:44 WIB
Gerindra Disebut Masuk Koalisi Jokowi, Inikah Sosok Menterinya? Prabowo beri ucapan selamat ke Jokowi saat pelantikan. DETIK

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah menegaskan bahwa Gerindra akhirnya masuk koalisi. Siapa sosok yang jadi menteri di kabinet?

Penegasan itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan relawan tadi malam. Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania, Imannuel Ebenezer mengatakan, Partai Gerindra yang saat Pilpres 2019 berseberangan dengan Jokowi masuk kabinet. Partai ini dipimpin Prabowo Subianto yang juga rival Jokowi di Pilpres.

"Bukan paling besar. Di-iya-kan oleh presiden, presiden menegaskan bahwa Gerindra masuk (koalisi)," ujar Immanuel kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Partai lain seperti Demokrat atau PAN juga diisukan masuk kabinet. Namun dia menyatakan Jokowi tidak memasukkan dua partai itu.

"Yang jelas partai selain Gerindra tidak ada. Tapi, ya hampir semua partai ini mau masuk, mereka pengennya masuk. Tapi presiden punya pertimbangan, nggak bisa. Tadi presiden menegaskan kalau semua masuk dalam pemerintahan itu tidak baik dalam demokrasi," ucapnya.

Siapa politikus Gerindra yang akan duduk di kabinet Jokowi?

Sejumlah nama kader Gerindra memang santer diisukan jadi calon menteri, apalagi setelah Prabowo bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana beberapa waktu lalu. Berdasarkan informasi dari sumber detikcom, ada dua kursi menteri yang kabarnya bakal diisi kader Gerindra.

Dua pos menteri itu dikabarkan merupakan Menteri Pertahanan dan Menteri Pertanian. Dua nama yang disebut-sebut masuk kabinet Jokowi adalah Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo.

Meski demikian, pengumuman nama menteri-menteri ini merupakan hak prerogatif presiden. Jokowi mengaku akan mengenalkan menteri-menterinya pagi ini.(h/dtk)


 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 November 2019 - 15:43:18 WIB

    Ahok Bakal Jadi Bos BUMN, Gerindra Ungkit 2 Kasus Lawas

    Ahok Bakal Jadi Bos BUMN, Gerindra Ungkit 2 Kasus Lawas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Gerindra mengungkit dua kasus besar yang sempat menyeret nama Basuki Thahaja Purnama alias Ahok melalui jejaring Twitter resminya..
  • Jumat, 01 November 2019 - 09:59:21 WIB

    Prabowo Pakai Mobil Pribadi Karena Punya Keamanan Khusus? Ini Penjelasan Elite Gerindra

    Prabowo Pakai Mobil Pribadi Karena Punya Keamanan Khusus? Ini Penjelasan Elite Gerindra JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sampai saat ini masih memakai mobil pribadinya Toyota Alphard berwarna putih. Apa alasan Prabowo tetap memakai mobil pribadinya?.
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 12:16:35 WIB

    Sindir Eks Mentan Soal Data BPS, Ini Kata Gerindra

    Sindir Eks Mentan Soal Data BPS, Ini Kata Gerindra JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Darori Wonodipuro menilai ucapan mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang menuding data lahan sawah yang dikeluarkan BPS tidak akurat itu sangat tidak relevan..
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 20:30:03 WIB

    Terkait Wamenhan, Gerindra: Kasihan Pak Prabowo. Apa Sebab?

    Terkait Wamenhan, Gerindra: Kasihan Pak Prabowo. Apa Sebab? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Politikus Gerindra, Desmond Mahesa menilai Sakti Wahyu Trenggono tidak memiliki kecakapan di bidang pertahanan. Penunjukan Trenggono sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Menhan) pun membuat Desmond be.
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 08:26:13 WIB

    Wah..! Gerindra Minta Jabatan untuk Fadli Zon

    Wah..! Gerindra Minta Jabatan untuk Fadli Zon JAKARTA, HARIANHALUAN.COM --Politikus Gerindra Fadli Zon tidak diusulkan sebagai menteri karena akan ditunjuk sebagai Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP).Di posisi itu, Gerindra berharap agar Fadli bisa menjalankan f.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM