H. Hendri: Sinergitas Kemenag dan Ormas Memperkokoh NKRI


Senin, 21 Oktober 2019 - 22:47:04 WIB
H. Hendri: Sinergitas Kemenag dan Ormas Memperkokoh NKRI Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, saat memberi pemaparan dalam Talkshow Kebangsaan bertajuk "Peran Nahdatul Ulama (NU) dalam Memperkokoh NKRI" di Kompleks Kampus Universitas Negeri Padang, Jumat (18/10) lalu. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Untuk mewujudkan visi, misi, serta program kerja Kementerian Agama (Kemenag), maka kerja sama dengan lintas organisasi massa dan keummatan adalah sebuah keniscayaan. Terlebih dengan Nahdatul Ulama (NU) yang notabene adalah ormas Islam terbesar di Indonesia dengan warga Nahdiyin yang tersebar di 19 kabupaten/kota di Sumbar.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, H. Hendri, saat menjadi salah satu pembicara dalam Talkshow Kebangsaan bertajuk "Peran Nahdatul Ulama (NU) dalam Memperkokoh NKRI" yang berlangsung di Kompleks Kampus Universitas Negeri Padang, Jumat (18/10) lalu.

Dalam bincang yang digagas Pimpinan Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PW ISNU) Sumatera Barat itu, H. Hendri memaparkan pokok pemikirannya tentang Peran Kanwil Kemenag Memberdayakan Ormas Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Visi dan Misi Kanwil Kemenag Sumbar tentu sudah final, yakni, mewujudkan masyarakat Sumbar yang taat beragama, rukun, cerdas, dan sejahtera lahir batin. Perwujudan semua itu tentu dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong," kata H. Hendri di awal pemaparannya.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi itu, sambung H. Hendri, Kanwil Kemenag Sumbar terus berupaya meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama di tengah umat, memantapkan kerukunan intra dan antar umat beragama, menyediakan pelayanan kehidupan beragama yang merata dan berkualitas, serta meningkatkan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan.

Selain itu, Kanwil Kemenag juga terus mendorong penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan akuntabel, meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama pada satuan pendidikan umum, serta pendidikan keagamaan dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan terpercaya.

"Dalam hal ini jelas diperlukan peran aktif Kanwil Kemenag untuk menjembatani organisasi masyarakat yang ada di Sumbar, termasuk ormas Islam, untuk mensukseskan dan mensosialisasikan program-program kementerian demi tercapainya visi misi tersebut," sambung H. Hendri.

Oleh karena itu, sambungnya, Kanwil Kemenag tidak akan akan bisa bekerja sendiri tanpa adanya sinergitas dengan pihak-pihak yang berkepentingan. Terlebih dengan NU dan ribuan Nahdiyin berdomisili di 19 kabupaten/kota di Sumbar. Sebab, kondisi geografis, keberagaman suku, budaya, adat, dan agama di Sumbarlah yang menuntut pentingnya sinergitas tersebut.

“Begitu juga sebaliknya, Kanwil Kemenang Sumbar selalu berusaha untuk terlibat dalam setiap agenda dan perwujudan visi dan misi ormas, termasuk NU sebagai salah satu yang terbesar. Keterlibatan itu bisa dalam bentuk pembinaan, bantuan operasional, sosialisasi regulasi, dan lain sebagainya sehingga sinergitas itu benar-benar terasa dan tampak di permukaan," kata alumnus Pondok Pesantren MTI Canduang tersebut.

Terlebih lagi, sebut H. Hendri, dalam rangka mewujudkan ketangguhan dan kesatuan bangsa, yang merupakan misi seirama antara pemerintah dengan ormas-ormas besar seperti NU, yang telah nyata sumbangsihnya dalam pembangunan fisik dan non fisik di Indonesia.

Agenda dialog itu sendiri dibuka secara resmi oleh pengurus PBNU Pusat Kiyai H. Erman Suryaman sekaligus caretaker PBNU Provinsi Sumatera Barat, serta dihadiri oleh tokoh-tokoh NU (rais) dan warga nahdiyin (sebutan kader NU), serta lembaga-lembaga terkait termasuk pihak tuan rumah, Rektor UNP H. Ganefri. (h/isq)


Reporter : Ishaq /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM