Waspada Bencana..! Musim Peralihan Sudah Tiba


Selasa, 22 Oktober 2019 - 07:28:34 WIB
Waspada Bencana..! Musim Peralihan Sudah Tiba Ilustrasi

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengimbau masyarakat mulai melakukan persiapan menghadapi peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Ia meminta agar masyarakat bisa mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi saat musim penghujan.

Beberapa di antaranya, kata Agus, ialah dengan memangkas daun dan ranting di pohon yang besar. Kemudian tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kebersihan lingkungan, saluran air dan sungai.

"Membawa payung atau jas hujan selama berkegiatan di luar ruang, dan memperbarui informasi prakiraan cuaca dari sumber berwenang," kata Agus dalam keterangan tertulis, Senin (21/10).

Untuk jangka panjang, pencegahan bencana hidrometeorologi di musim penghujan bisa dilakukan dengan menanam pohon yang dapat mencegah longsor. Menanam pohon disebut Agus sekaligus bisa mengikat air tanah sebagai cadangan saat kemarau panjang tiba.

Beberapa jenis pohon yang dapat ditanam antara lain beringin, karet, matoa, jabon putih, sukun, mahoni, dan sebagainya. Selain itu, Agus menjelaskan musim penghujan bisa memicu bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor dan banjir.

"Dengan ditambah beberapa faktor seperti lingkungan yang tidak terawat dengan baik, alih fungsi hutan pegunungan, dan kebiasaan membuang sampah sembarangan," kata dia.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim penghujan 2019 akan dimulai pada akhir Oktober hingga pertengahan November. Masa peralihan musim kemarau menuju musim penghujan atau masa pancaroba ditandai dengan beberapa gejala alam.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 15:04:26 WIB

    Waspada, BNPT 'Mencium' Gerakan Teroris di Tengah Pandemi Covid-19

    Waspada, BNPT 'Mencium' Gerakan Teroris di Tengah Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji, di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yog.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 06:53:56 WIB

    Waspada, Begini Modus Baru Penculikan Anak

    Waspada, Begini Modus Baru Penculikan Anak HARIANHALUAN.COM – Delapan anak diduga menjadi korban penculikan oleh seorang pria tak dikenal, saat bermain di area Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Beruntung, seluruh korban akhirnya berhasil diselam.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:04:33 WIB

    Ada Potensi Kelas Online Terorisme, BNPT Diminta Waspada

    Ada Potensi Kelas Online Terorisme, BNPT Diminta Waspada HARIANHALUAN.COM - Wakil Direktur Eksekutif International Conference of Islamic Scholars (ICIS) KH Khariri Makmun Lc, MA menyarankan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk mewaspadai adanya kelas-kelas online ra.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 20:00:06 WIB

    Waspada, Kasus Corona RI Melesat 70%, Tapi Puncaknya Belum Kelihatan

    Waspada, Kasus Corona RI Melesat 70%, Tapi Puncaknya Belum Kelihatan HARIANHALUAN.COM -  Pelonggaran kebijakan PSBB meningkatkan pergerakan masyarakat, imbasnya jumlah pasien COVID-19 di Indonesia melonjak hampir 70% dalam 19 hari terakhir..
  • Senin, 22 Juni 2020 - 12:52:51 WIB

    Waspadai Infeksi Ganda, DBD dan Covid-19

    Waspadai Infeksi Ganda, DBD dan Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) saat masa pandemi vir.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]