Rupiah Terbaik di Asia, Berkat Sri Mulyani Jugakah?


Selasa, 22 Oktober 2019 - 13:18:32 WIB
Rupiah Terbaik di Asia, Berkat Sri Mulyani Jugakah? Ilustrasi

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar rupiah pagi ini menguat lawan dolar Amerika Serikat (AS). Mata uang Garuda itu juga perkasa di perdagangan pasar spot, bahkan menjadi yang terbaik Asia.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (22/10/2019), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.058. Rupiah menguat 0,52% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Penguatan ini memperpanjang rantai apresiasi rupiah di kurs tengah BI menjadi empat hari beruntun. Selama periode tersebut, penguatan rupiah mencapai nyaris 1%.

Sementara di perdagangan pasar spot, rupiah pun setia berjalan di jalur hijau. Pada pukul 09:43 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.045 di mana rupiah menguat 0,2%, terkuat sejak 10 September.

Kala pembukaan pasar, rupiah hanya mampu menguat tipis 0,02%. Seiring perjalanan, apresiasi rupiah semakin tebal.

Performa rupiah kian ciamik jika melihat para tetangganya. Ya, penguatan 0,2% sudah cukup untuk membawa rupiah menjadi mata uang terbaik di Asia.

Melihat mata uang Asia yang sebagian besar melemah di hadapan dolar AS, tentu faktor domestik menjadi penopang penguatan rupiah. Sepertinya investor sedang dilanda euforia menantikan kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode II.

Kemarin, nama-nama top sudah dipanggil ke Kantor Presiden dan bersedia untuk membantu Jokowi selama lima tahun ke depan. Beberapa di antaranya adalah Mahfud MD, Nadiem Makarim, Erick Thohir, sampai Prabowo Subianto.

Hari ini, Jokowi kembali memanggil sejumlah tokoh untuk mengisi pos menteri di kabinet. Hingga pukul 09:50 WIB, yang sudah merapat ke Istana adalah Sri Mulyani Indrawati dan Syahrul Yasin Limpo.

Nama Sri Mulyani sepertinya menjadi kunci keperkasaan rupiah. Kinerja Sri Mulyani dinilai memuaskan, dan ke depan eks pejabat teras Bank Dunia ini diramal mampu mengejawantahkan program-program Jokowi, terutama di sisi perpajakan.

Misalnya, Jokowi berencana untuk memangkas tarif Pajak Penghasilan (PPh) Badan yang saat ini 25%. Ke depan, rencananya tarif turun menjadi 20%.

Stimulus fiskal ini tentu sangat dinanti oleh dunia usaha, baik di sektor riil maupun sektor keuangan. Beban PPh yang berkurang bisa menjadi modal untuk melakukan ekspansi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan konsumsi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sosok Sri Mulyani dinilai tepat untuk 'mengawal' rencana tersebut. Oleh karena itu, tidak heran pelaku pasar berbunga-bunga kala Sri Mulyani kemungkinan besar akan jadi menteri lagi, dan rasanya kembali ke Lapangan Banteng sebagai menteri keuangan.
(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 10:06:16 WIB

    Rencana New Normal, Ikut Kerek Rupiah Terus Menguat

    Rencana New Normal, Ikut Kerek Rupiah Terus Menguat HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi masih terus bergerak menguat dikerek rencana penerapan normal baru di Tanah Air.
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 15:29:13 WIB

    Waduh! Rupiah Melemah ke Rp 14.730/US$

    Waduh! Rupiah Melemah ke Rp 14.730/US$ HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di perdagangan pasar spot hari ini, kembali ke atas level Rp 14.700/US$..
  • Senin, 04 Mei 2020 - 19:48:05 WIB

    Ini Biang Kerok Rupiah Merosot Rp15.100 per Dolar AS

    Ini Biang Kerok Rupiah Merosot Rp15.100 per Dolar AS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp15.100 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Senin (4/5) sore. Posisi ini melemah 218 poin atau 1,47 persen dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.881 pe.
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 19:30:09 WIB

    Dihantam Corona, Industri Perfilman Tanah Air Rugi Triliunan Rupiah

    Dihantam Corona, Industri Perfilman Tanah Air Rugi Triliunan Rupiah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bioskop di sejumlah wilayah terpaksa harus tutup setelah adanya larangan aktivitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19). Hal itu turut membuat industri perf.
  • Kamis, 16 April 2020 - 13:04:26 WIB

    Perkasa! Rupiah Berhasil Lumpuhkan Dolar AS dan Mata Uang Global Sekaligus

    Perkasa! Rupiah Berhasil Lumpuhkan Dolar AS dan Mata Uang Global Sekaligus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Nilai tukar rupiah patut mendapat dua acungan jempol karena kinerjanya yang mumpuni untuk melumpuhkan dolar AS dan mata uang global lainnya sekaligus. Meski saat ini dolar AS tampil perkasa di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]