Untuk Kesejahteraan Ummat, Badan Wakaf Kota Sawahlunto Terbentuk


Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:46:57 WIB
Untuk Kesejahteraan Ummat, Badan Wakaf Kota Sawahlunto Terbentuk Disaksikan Wakil Walikota, Zohirin Sayuti, Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sawahlunto terbentik.RIKI YUHERMAM

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Sawahlunto terbentuk. Melalui musyawarah mufakat terpilih Indra Mulyono sebagai ketua BWI, Sekrearis, Adrimas dan Bendahara, Dasril Munir.

Kasubag TU Kantor Kementrian Agama Kota Sawahlunto, Okto Verisman menyebutkan, BWI merupakan lembaga independen bertanggungjawab mengembangkan perwakafan sebagai aset umat. 

"Setelah terbitnya Undang - undang Wakaf Nomor 41 tahun 2004, kewenangan wakaf mutlak oleh BWI, tidak lagi ada di Kemenag termasuk dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat. Kemenag sifatnya hanya membina," katanya.

Persoalan wakaf di Sawahlunto lanjut Okto, sudah banyak sekali seperti, tanah wakaf yang hilang, kurang produktif, tidak lengkap surat menyurat, kekosongan nazir wakaf, minimnya pemahaman masyarakat serta belum berkembangnnya uang wakaf.

"Urusan wakaf bukan sekedar hal yang dianggao remeh, akan tetapu memiliki potensi luar biasa bagi perekonomian umat. Disamping itu wakaf juga memiliki peran dalam meningkatkan sistim dakwah serta mnejaga harkat martabat umat," tuturnya.

Terbentuknya BWI menurut Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti diharapkan bisa lebih memperbanyak wakaf dengan menggaet seluruh lapisan masyarakat, serta dapat merubah pola pikir masyarakat mengenai pengelolaan harta wakaf itu sendiri.

"Perlu rasanya pola pikir masyarakat tentang wakaf saat ini untuk dibenahi sebab, sebagian masyarakat masih beranggapan wakaf hanya berkaitan dengan masalah tanah. Kalau dulu wakaf hanya sebatas urusan tanah, namun sekarang sudah lebih luas lagi," katanya.

Selanjutnya, pengurus terpilih BWI Kota Sawahlujto melalui rekomendasi Walikota, Kemenag dan MUI, akan mnegajukan ke BWI Provinsi Sumatra Barat untuk di SK-kan dan dilantik.(h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Dodi Nj
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]