Pilkades Serentak Sawahlunto Usai, Forum Kades: Proses Tes Seleksi Balon Agar Dievaluasi


Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:56:23 WIB
Pilkades Serentak Sawahlunto Usai,  Forum Kades: Proses Tes Seleksi Balon Agar Dievaluasi Suasana Pilkades di Desa Lunto Barat, 17 Oktober 2019. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Ketua Forum Kepala Desa Kota Sawahlunto, Edi Narwin Daulay mengapresiasi suksesnya pemilihan Kepala Desa serentak yang digelar 17 Oktober 2018 di 10 Desa yang ada. Disisi lain Edu Narwin Daulay yang juga Kepala Desa Sikalang itu berharap kepada Pemerintah Kota melalui Bidang Pemdes agar mengevaluasi proses seleksi pencalonan bakal calon Kades.

Dia menilai, terjadi ketimpangan proses seleksi balon kades, terlebih balon kades yang melebihi kuota atau lebih dari 5 balon.

"Bagi balon yang lebih kuota diwajibkan untuk mengikuti tes dan psikotes. Sedangkang bagi Desa yang balonnya dibatas kuota bahkan dibawah kuota tidak diberlakukan tes," katanya.

Proses seperti ini lanjutnya, baru pertamakali diberlakukan, sehingga masih banyak pertanyaan yang mencul ditengah tengah masyarakat.

"Terlebih ada balon petahana yang tidak lolos psikotes tersebut, sehingga banyak opini yang berkembang ditengah tengah masyarakat, yang hingga saat ini belum terpuaskan jawabannya," katanya.

Lebih jauh diungkapkannya, secara pelaksanaan Pilkades serentak kali ini telah berjalan dengan baik, tinggal memyempurnakan dibeberapa sektor yang sedikit masih menjadi tanda tanya dikalangan masyarakat. Untuk itu, forum Kepala Desa bersama bidang Pemdes akan duduk bermusyawarah, untuk persiapan pelaksanaan Pilkades 2021 yang lebih baik dan tidak menimbulkan gejolak ditengah tengah masyarakat.(h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Dodi Nj
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]