Menuju Pilkada, PAN Pasbar Buka Pendaftaran Cakada


Selasa, 22 Oktober 2019 - 17:12:18 WIB
Menuju Pilkada, PAN Pasbar Buka Pendaftaran Cakada Kantor DPD Partai Amanat Nasional Pasaman Barat di Jalan Tuanku Imam Bonjol, Bancah Tarok. FADLI

PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN-- Partai Amanat Nasional (PAN) pemilik Empat kursi di DPRD Pasbar secara resmi telah membuka pendaftaran sebagai Calon Kepala Daerah (Cakada) Bupati dan Wakil Bupati Pasbar priode 2020-2024 mendatang.

Sekretaris DPD PAN Pasaman Barat, Dedy Ihram  mengatakan, keluarga besar PAN mengundang putra putri terbaik Pasbar untuk mendaftarkan diri.

"Tahap pendaftaran dan penjaringan calon sudah kita buka mulai Tanggal 21 Oktober sampai 21 November 2019 mendatang. Kami buka sepenuhnya untuk semua kalangan, baik dari kader partai maupun non kader tanpa ada pungutan atau mahar pada proses pencalonan tersebut,"ujar Dedy, Selasa di kantor DPC PAN di Jalan Tuanku Imam Bonjol, Bancah Tarok.

"Dengan modal Empat kursi yang kita miliki, tentunya kita punya peluang besar untuk mengusung Calon Bupati mendatang. Makanya kita mengundang siapa saja yang mau bergabung dengan partai PAN, baik dari kalangan pengusaha, politisi, akademisi, aktivis, dan ulama asalkan sesuai dengan mekanisme yang ada,"pungkasnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini sudah ada beberapa orang bacalon yang telah menghubunginya. sementara dari kader partai hingga saat ini belum ada yang menyatakan diri untuk maju mendaftarkan diri sebagai bacalon Bupati 2020-2024 mendatang.

"Sudah ada bakal calon kepala daerah yang menghubungi saya, namun kita belum bisa menjawab siapa orang nya, nanti setelah resmi mendaftar baru kita sampaikan. Sementara dari kader partai PAN hingga saat ini belum ada yang menyatakan untuk maju mendaftarkan diri," ungkapnya.

Adapun tahapan yang harus dilalui para bacalon meliputi, tahapan penjaringan, verifikasi, penyampaian visi dan misi, pengusulan, survei dan penetapan.

Adapun tahapan penjaringan tersebut meliputi, pengumuman pendaftaran, talent scouting dan pendaftaran bakal calon. Kedua tahapan verifikasi diantaranya, verifikasi dokumen persyaratan bakal calon dan menyerahkan hasil verifikasi bakal calon untuk di pleno terbuka melibatkan DPC PAN.

"Hasil pleno DPC dari sekian banyak bakal calon akan dikerucutkan menjadi tiga bakal calon, untuk selanjutnya diusulkan ke tahap pengusulan ke DPW. Kemudian DPW akan memplenokan bersama DPD dan dihadiri DPP.Semoga lahir sosok pemimpin yang amanah, muda, energik, merakyat dan memahami kondisi wilayah Pasaman Barat secara utuh, demi maju dan terciptanya kabupaten ini ke arah yang lebih bermartabat," harapnya.(*)

Reporter : FADLI /  Editor : Dodi NJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]