Ngeri..! Hingga ke Kamar Tidur, Ribuan Ulat Bulu Serbu Rumah Warga Padang Timur


Selasa, 22 Oktober 2019 - 18:13:07 WIB
Ngeri..! Hingga  ke Kamar Tidur, Ribuan Ulat Bulu  Serbu Rumah Warga Padang Timur Serangan ulat bulu (sindo)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Sejumlah warga yang berada di RT 01/RW 11, Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, mulai resah dengan keberadaan ulat bulu atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan macrothylacia rubi. Pasalnya, ulat berwarna kuning tersebut sudah mulai menyerang warga setempat dan masuk kedalam rumah warga. 

Menurut salah seorang warga It (43) mengatakan, ulat bulu tersebut tidak hanya hinggap di tanaman saja, namun sudah ada yang menyerang warga. 

"Kami warga Andalas mulai risih dan resah dengan wabah ulat bulu yang sudah hampir satu pekan berdatangan. Akibatnya, banyak warga yang mengalami bentol-bentol dan gatal-gatal akibat ulat bulu tersebut," kata It, Selasa (22/10).

Hal tersebut juga disampaikan oleh Ketua RW 11 Jaihan bahwa ulat bulu yang menyerang ke rumah warga sudah sangat meresahkan. Jumlahnya sudah semakin banyak.


"Akibat penyerangan ulat tersebut, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) disekitar itu terpaksa diliburkan. Dikuatirkan akan menyerang anak-anak, makannya terpaksa diliburkan," ujar Jaihan.

Sementara itu Lurah Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Muhammad Irwan, telah menghubungi Dinas Pertanian Kota Padang, untuk diminta bantuannya." Ya kita masih menunggu Dinas Pertanian Kota Padang,untuk dilakukan penyemprotan,"tuturnya. 

Ditempat terpisah, kepala UPT Hama dan Penyakit Tanaman Dinas Pertanian Kota Padang Damril, ketika dihubungi Haluan, Selasa (22/10) sore telah menjelaskan bahwa pihaknya telah membantu permasalahan yang dihadapi warga setempat. Pihaknya bersama perangkat setempat beserta pengamat hama telah melakukan penyelidikan.

"Setelah mendapatkan laporan tersebut kami, langsung memberikan bantu berupa obat dan pestisida untuk pengendaliannya.  Dimohon kepada masyarakat untuk melakukan penyemprotannya," terang Damril.

Damril juga mengimbau supaya masyarakat sekitar lokasi bisa tenang dan melakukan sanitasi. "Kami berharap masyarakat bisa melaporkan perkembangannya. Jika masih ada akan kami bantu kembali dengan menambah pestisida. Selanjutnya kami akan terus memantau perkembangannya," tandasnya. (*)
 

Reporter : RAHMA WINDA /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]