Fix..! PAN Tegaskan di Luar Pemerintahan, Kawal Janji Kampanye Jokowi


Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:36:54 WIB
Fix..! PAN Tegaskan di Luar Pemerintahan, Kawal Janji Kampanye Jokowi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PAN kembali menegaskan sikap politiknya untuk berada di luar pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PAN mengibaratkan perannya sebagai antitesis bagi pemerintah.

"Kami insyaallah akan berada di luar pemerintahan, ya. Istilahnya begini, kalau pemerintahan punya tesis gitu ya, kalau oposisi punya antitesis, sehingga nanti kami berharap apa yang dilakukan oleh pemerintah itu adalah sintesis dari dialektika ini," kata Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Menurut Hanafi, PAN akan mengawal dari luar pemerintahan agar Jokowi memenuhi janji kampanyenya. Selain itu, Hanafi menyebut PAN akan menjalankan peran dalam mengontrol pemerintah.

"Kami perannya berada di luar pemerintahan untuk mengawal supaya pemerintahan ini jalannya benar sesuai janji yang memang sudah diucapkan Presiden ketika kampanye. Dan kami akan memosisikan diri sebagai partai yang mengontrol jalannya pemerintahan, dan itu adalah fungsi yang lumrah dalam checks and balances dalam demokrasi," ujarnya.

Hanafi mengatakan sikap PAN untuk berada di luar pemerintah memang belum diputuskan secara resmi dalam forum rapat kerja nasional (rakernas). Namun, jika melihat kondisi politik saat ini, menurut Hanafi, akan lebih bijaksana jika PAN berada di luar pemerintahan.

"Kalau resmi kan biasanya rakernas ya, dan memang kami belum rakernas sampai dengan sekarang. Tapi melihat kenyataan politik sampai dengan sekarang ini tentu saya kira sikap berada di luar pemerintahan itu akan lebih bijaksana. Dan kami juga sama-sama dalam pemerintahan mengawal demokrasi sesuai perannya masing-masing," ucap Hanafi.

Meski demikian, PAN menghargai sikap Gerindra yang akhirnya bergabung dengan koalisi pemerintah. Namun, bagi Hanafi, partai-partai yang sebelumnya berbeda kubu dalam Pilpres 2019 sewajarnya memang berada di luar pemerintahan.

"Karena kami ini memang sudah, kami ini dulu berkompetisi, tentu yang sekarang in charge sebagai pemerintah adalah Pak Jokowi dan seluruh partai koalisinya ya, tentu mereka lebih berhak. Sementara partai-partai yang di luar adalah partai-partai yang sebelumnya memang bersaing gitu. Jadi saya kira itu hal yang wajar kalau kita tetap menjaga prinsip untuk berada di luar pemerintahan," pungkasnya.(*)


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 13:26:03 WIB

    Fix..! Pendaftaran CPNS Dibuka 11 November

    Fix..! Pendaftaran CPNS Dibuka 11 November JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengumuman pendaftaran CPNS 2019 akan dilakukan hari ini. Hal ini ditegaskan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM