Tumbuhkan Naluri Anak, Pemkab Tanah Datar Gelar Lomba Bercerita


Rabu, 23 Oktober 2019 - 15:01:37 WIB
Tumbuhkan Naluri Anak, Pemkab Tanah Datar Gelar Lomba Bercerita Kadis Perpustakaan dan Kearsipan saat membuka lomba menulis. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Bercerita merupakan metode dan media komunikasi yang menjadi tradisi dari generasi ke generasi dan sangat ampuh digunakan kepada anak-anak generasi muda kita untuk menanamkan serta menumbuhkan kepribadian yang baik sejak dini. 

Hal itu dikatakan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Erizal Ramli saat pembukaan lomba bercerita bagi siswa SD dan lomba menulis artikel bagi siswa SLTP tingkat Tanah Datar, Rabu (23/10) di halaman kantor dinas setempat di Pagaruyung.

Erizal menambahkan, secara naluri setiap anak senang dengan sebuah cerita, apalagi ketika semakin berkembang kemampuannya semakin tinggi rasa ingin tahunya tentang cerita yang didengar atau diceritakan kepadanya. 

“Lomba hari ini langkah nyata untuk menumbuhkan motivasi anak untuk mau membaca daripada bermain audio visual melalui HP atau gadgetnya. Karena seperti yang diketahui saat ini, perkembangan teknologi informasi telah merasuki anak kita sehingga mereka malas membaca,” katanya. 

Kegiatan lomba ini, tambah Kadis Erizal Ramli, salah upaya Pemda dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan gemar membaca. 
“Pembudayaan kegemaran membaca dapat dilakukan dengan tiga jalur, yakni jalur keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sengaja laksanakan lomba ini bagi siswa SD dan SLTP agar bisa memberikan dampak yang baik bagi perkembangan budi pekerti anak,” ujarnya. 

Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada panitia dan jajaran terkait yang mendukung kegiatan lomba dan ucapkan selamat bertanding dan menampilkan yang terbaik kepada peserta lomba. “Ikutilah sebaik-baiknya lomba ini, kepada yang mampu menjadi juara jangan jumawa dan sombong. Bagi ananda yang belum juara jangan berkecil hati, terus kembangkan dan asah diri untuk kesempatan di lain waktu,” katanya. 

Lomba membaca diikuti sekitar 28 peserta dari siswi dan siswa kelas IV dan V utusan SD se Tanah Datar dan lomba menulis artikel juga diikuti 28 Siswa SLTP. 

Juara 1 akan peroleh tropi dan tabanas Rp800 ribu, juara 2 tropi dan tabanas Rp650 ribu, juara 3 tropi dan tabanas Rp500 ribu, harapan 1 dan 2 peroleh tabanas Rp400 ribu dan Rp300 ribu.
Pemenang akan menjadi utusan dari Tanah Datar untuk ajang yang sama di tingkat provinsi yang akan digelar tahun depan. (h/fma)

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]