Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang


Rabu, 23 Oktober 2019 - 15:41:32 WIB
Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa didampingi Kadis Perdagangan Endrizal, Kabag Humas Edi Dharma dan Sekretaris Diskominfo Tarmizi saat pelaksanaan kegiatan Diseminasi Informasi Publik di ruang Padang Command Center Balaikota Padang, Rabu (23/10). Akmal

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setidaknya akan ada 100 pedagang yang akan ikut dalam Permindo Night Market yang akan mulai dilaksanakan pada 2 November 2019 mendatang. Pedagang yang akan mengisi terdiri dari berbagai jenis dagangan, mulai dari kuliner, pakaian, kerajinan tangan, dan lainnya. 

Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa saat pelaksanaan kegiatan Diseminasi Informasi Publik di ruang Padang Command Center Balaikota Padang, Rabu (23/10).

Hendri Septa mengatakan, salah satu tujuan dari dilaksanakannya Permindo Night Market ini untuk memberdayakan para pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini merasa terus dirugikan. 

"Kadang kan para PKL merasa dirugikan karena ada penggusuran dan lainnya. Sekarang kita berikan mereka tempat dan kita carikan pasarnya sendiri," ujarnya. 

Setelah itu, kehadiran Permindo Night Market ini juga untuk menumbuhkan pangsa pasar untuk UMKM Kota Padang yang sudah banyak tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Ini upaya agar UMKM di Kota Padang dapat terus berkembang dan tidak ada yang tutup.

Setelah itu, kata Hendri, Padang Night Market juga diadakan untuk meningkatkan fungsi kawasan Permindo sebagai salah satu tujuan wisata belanja. Dimana pada tahap awal ini, Permindo Night Market akan diadakan setiap malam minggu yang dimulai pada pukul 18.00-24.00 WIB.

"Lahan yang dipakai untuk berjualan bagi pedagang adalah badan jalan Permindo. Maka selama kegiatan berlangsung kawasan Permindo ditutup dan bebas kendaraan," katanya.

Kedepannya, pihaknya berharap kegiatan Permindo Night Market ini dapat dilakukan setiap harinya. Tapi, tentu pihaknya akan melakukan banyak evaluasi dengan pelaksanaannya yang sementar wkatu dilaksanakan satu kali seminggu.

"Kalau potensinya besar dan masyarakat kita sangat senang dengan pelaksanaannya. Tentu tidak menutup kemungkinan akan dilakukan setiap hari," ujarnya.

Dengan adanya Permindo Night Market ini, sambungnya, dapat mendorong perekonomian pedagang, khususnya di kawasan Permindo dan kawasan tersebut dapat menjelma menjadi kawasan wisata belanja seperti Malioboro di Yogyakarta. 

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatkan, untuk saat ini pihaknya hanya menargetkan pemutaran uang pada pelaksanaan Padang Night Market sebesar Rp100 juta.

"Anggap saja nanti satu pedagang berjual berli Rp1 juta dikali 100 pedagang. Setidaknya ada pemutaran uang Rp100 juta," katanya.

Untuk lokasi parkir, Endrizal menyebutkan sudah ada bebeapa lokasi parkir yang disediakan oleh pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, yakni dekat Padang Teater dan Ratulangi.

"Ini kemungkinan akan bertambah, setidaknya dalam beberap hari menuju pelaksanaan kita akan terus mencari lokasi yang pas untuk parkir," ujarnya.

Untuk menyukseskan pelaksanaan ini agar juga minim dari gangguan, pihaknya juga bekerja sama dengan para pemuda setempat. Nantinya para pemuda setempat dilibatkan, salah satunya untuk parkir. Sehingga parkir nantinya aman dan harga parkir sesuai dengan aturan. (h/mg-mal)

Reporter : Akmal /  Editor : heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]