PBNU Sebut Banyak Kiai Kecewa Jokowi Angkat Menag dari Militer


Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:33:56 WIB
PBNU Sebut  Banyak Kiai Kecewa Jokowi Angkat Menag dari Militer Menyeri Agama Fachrul Razi . (cnn)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Banyak kiai protes ke pihak PBNU  karena Presiden Joko Widodo memilih Fachrul Razi sebagai menteri agama.
Menurut Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas , para kiai tersebut tak bisa mengerti cara pikir Jokowi yang memilih Menag bukan dari kalangan agamawan, melainkan militer.

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," kata Robikin dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10).
Robikin mengatakan,  para kiai memang sudah lama merisaukan fenomena pendangkalan pemahaman beragama seperti tercermin oleh sikap intoleran.

Pemahaman keagamaan yang salah bahkan berujung pada ekstremisme. NU menyatakan Indonesia darurat radikalisme karena sudah ada kelompok-kelompok yang menganggap semua di luar kelompoknya adalah kafir.

"Para kiai paham Kemenag harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama. Namun para kiai tak habis mengerti terhadap pilihan yang ada," tuturnya.

Jokowi mengumumkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Ada 38 pejabat setingkat menteri yang dilantik hari ini, Rabu (23/10).

Salah satu yang mengaggetkan publik adalah penunjukan Fachrul Razi sebagai menteri agama. Sebab Fachrul memiliki latar belakang militer. Ia pernah menjabat Wakil Panglima TNI pada tahun 1999-2000.


Posisi menteri agama dari kalangan militer bukanlah yang pertama. Sebelumnya sejumlah tokoh militer pernah menjabat sebagai menteri agama, yakni Tarmizi Taher dan Alamsyah Ratu Perwiranegara.

Fachrul selama ini dikenal sebagai mantan Wakil Panglima TNI yang menjabat pada tahun 1999 hingga 2000. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1970 dan ditempatkan di kesatuan infanteri.

Hubungannya dengan Jokowi terjalin sejak lama. Jenderal bintang empat itu menjabat sebagai Ketua Tim Bravo 5, tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 yang beranggotakan para purnawirawan TNI lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1970-an. (*)

 Sumber : Cnnindonesia.com /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 21:34:47 WIB

    Konflik Agama di India, PBNU: Umat Hindu di Indonesia Aman Kita Jaga

    Konflik Agama di India, PBNU: Umat Hindu di Indonesia Aman Kita Jaga JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama meminta pemerintah India melakukan langkah-langkah yang strategis untuk segera mendamaikan masalah-masalah di dalam negerinya terkait peristiwa yang mengatasnamakan a.
  • Senin, 30 Desember 2019 - 18:00:42 WIB

    #IndonesiaSedangDirampok Trending, Sindir PBNU Rp1,5 T dan Jiwasraya

    #IndonesiaSedangDirampok Trending, Sindir PBNU Rp1,5 T dan Jiwasraya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Warganet ramai-ramai memakai tagar #IndonesiaSedangDirampok pada setiap cuitan di Twitter. Hingga Senin pagi 30 Desember 2019, tagar tersebut sudah dipakai lebih dari 10 ribu cuitan..
  • Ahad, 22 Desember 2019 - 09:49:02 WIB

    PBNU Sebut Ucapan Natal tak Ganggu Akidah

    PBNU Sebut Ucapan Natal tak Ganggu Akidah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengucapkan selamat natal oleh umat Islam masih menjadi perdebatan. Sebagian pihak melarang mengucapkannya dengan alasan agar tidak merusak akidah. Namun, ada sebagian ada yang berpendapat memboleh.
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 07:16:01 WIB

    PBNU: Kemenag Jangan Merepotkan

    PBNU: Kemenag Jangan Merepotkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk tidak merepotkan masyarakat lewat pendataan majelis taklim. Pernyataan itu menyusul terbitnya Peraturan Menteri Agama.
  • Senin, 04 November 2019 - 08:31:04 WIB

    Cadar Bukan Bagian Terorisme, PBNU: Penusuk Wiranto Tak Bercadar

    Cadar Bukan Bagian Terorisme, PBNU: Penusuk Wiranto Tak Bercadar NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Heboh soal penggunaan niqab (cadar) dan celana "cingkrang" akhir-akhir ini makin ramai..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]