Sikat Ilegal Logging, Polres Pessel Sita Tumpukan Kayu Tak Bertuan


Rabu, 23 Oktober 2019 - 21:16:33 WIB
Sikat Ilegal Logging, Polres Pessel Sita Tumpukan Kayu Tak Bertuan Jajaran unit Reskrim Polres Pessel saat menemukan kayu jenis Rasak dan Kruing yang duduga akibat pembalakan liar di Nagari Tulak. IST

PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Menindaklanjuti laporan masyarakat, jajaran unit Reserse Kriminal Polres Pessel bergerak cepat mengamanakan lebih kurang 70 batang kayu jenis Rasak dan Kruing yang duduga akibat pembalakan liar di Nagari Tulak, Kacamatan Basa Ampek Balai Tapan.

Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval melalui Kasat Reskrim AKP Allan Budi Kusumah menyebutkan, pihaknya sangat komitmen dalam pemberantasan Ilegal Logging atau pembalakan liar di wilayah hukumnya.

"Sesuai arahan pimpinan, kasus perambahan hutan ini menjadi prioritas kami untuk melakukan penindakan. Tujuannya demi menjaga kawasan hutan agar tidak rusak dan bisa dinikmati untuk masa jangka panjang," ujar Kasat di Painan, Rabu (23/10).

Menurut dia, kayu tak bertuan tersebut ditemukan pada dua lokasi di Nagari Ampang Tulak, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, pada  Selasa (22/10) sekira pukul 12.00 WIB. Diduga hendak diangkut oleh pemiliknya karena lokasinya sudah berada ditepi jalan. 

"Untuk penyelidikan lebih lanjut, pihak kami sudah memasang garis polisi dilokasi penemuan kayu tersebut. Dan barang bukti sudah kami amankan di Mapolres," katanya.

Terkait adanya aktivitas Ilegal Logging diwilayah hukumnya, ia meminta peran serta masyarakat agar selalu memberikan informasi jika melihat atau mendengar adanya tanda-tanda perusakan hutan.

"Ya, kami minta partisipasi dan dukungan masyarakat agar segera melapor jika mendapati kegiatan yang merusak alam itu berlangsung. Pasti kami tindak sesuai aturan hukum yang berlaku," katanya. (h/kis)

Reporter : OKIS MARDIANSYAH /  Editor : dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]