Diterjang Banjir, Akses ke  Bukit Malintang Putus Total


Rabu, 23 Oktober 2019 - 22:07:20 WIB
Diterjang Banjir, Akses ke  Bukit Malintang Putus Total Kondisi debit air batang Tiku dan Bandar Anak Aia Kerinci di Jorong Cacang Randah, Nagari Tiku Utara. RAHMAT

AGAM,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam akan membuat jembatan darurat  pada jalan amblas akibat luapan aliran Batang Tiku dan Bandar Anak Aia Kerinci di Jorong Bukik Malintang, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Selasa (22/10).

Akibat jalan amblas itu warga yang bermukim di Jorong Bukik Malintang terisolasi, dan untuk keluar masuk ke perkampungan itu menggunakan kendaraan harus mengambil jalan memutar memasuki wilayah Padang Pariaman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, M Lutfi Rabu (23/10) mengatakan, jalan yang amblas kemarin itu memang sangat rentan. 

Sebelum kejadian kemarin jalur itu sudah berulang kali amblas, karena debit air yang sangat tinggi. Bahkan beberapa waktu belakangan sudah dibangunkan jembatan permanen. 


Dikatakannya, saat ini  ruas jalan itu sama sekali tidak bisa dilewati karena hantaman air yang cukup besar di dua sisi jalan, akses buntu. Pembangunan jembatan darurat tersebut merupakan solusi alternatif dalam penanganan pasca musibah

“Jalur itu sama sekali tidak bisa dilewati, padahal jembatan itu baru rampung dikerjakan pasca dihantam banjir serupa beberapa bulan lalu. Sesuai hasil survei pimpinan Pemkab Agam harus segera dibuat jembatan darurat,” ungkapnya.

Jalan amblas berada pada dua sisi jembatan, tepatnya jalan penghubung Cacang Randah dengan Bukit Malintang di 2 titik masing-masing sepanjang 7 meter dan 8 meter.

“Apabila curah hujan tinggi debit air Batang Tiku dan Bandar Anak Aia Kerinci di Jorong Cacang Randah, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara itu sangat tinggi, sehingga meluap ke sisi jalan menuju Batang Tiku,” jelas Lutfi. 

Ia menambahkan, jalur tidak bisa sama sekali dilalui kendaraan. pembangunan jembatan darurat itu semoga bisa dilaksanakan secepatnya, karena ada lebih kurang 600 kk yang berita di Bukik Malintang. (h/yat).
 

Reporter : RAHMAT HIDAYAT /  Editor : dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]