Kepedulian Mentawai Kepada Non PNS, Ribuan Pegawai Honorer Terima Kartu Taspen


Rabu, 23 Oktober 2019 - 22:10:12 WIB
Kepedulian Mentawai Kepada Non PNS, Ribuan Pegawai Honorer Terima Kartu Taspen Kepala Taspen Cabang Padang, Teguh Riwayadi menyerahkan Kartu Peserta Taspen secara simbolis kepada Pegawai Honorer Mentawai. IST

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM – Rasa haru bahagia terpancar dari wajah pegawai Non PNS (Honorer) di Pemerintahan Kabupaten Mentawai saat acara penyerahan Kartu Peserta Taspen di Aula Kantor Bupati setempat, Senin (21/10). Mereka baru saja menerima Kartu Peserta Taspen sebagai bukti mereka juga diberikan Pelayanan Sosial oleh Pemkab Mentawai.

Ada sebanyak 3.114 pegawai honorer Mentawai yang menerima Kartu Peserta Taspen tersebut. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis oleh Kepala Taspen Cabang Padang, Teguh Riwayadi kepada perwakilan tenaga honorer yang disaksikan Sekretaris Daerah Pemkab Mentawai, Martinus Dahlan.

“Taspen mengapresiasi Pemkab Mentawai yang telah mengikutsertakan pegawai honorernya peserta JKK-JKM. PP Nomor 70 Tahun 2015 dan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang kewajiban Pemerintah selaku pemberi kerja bagi para ASN, PPPK  dan tenaga Honorer untuk memberikan jaminan sosial Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian (JKK-JKM) melalui PT Taspen. Itu Peraturan Pemerintah yang mengamanatkan ke Taspen,” kata Teguh.

Dengan kepesertaan JKK-JKM Taspen tersebut, santunan yang diterima peserta tenaga honorer nantinya untuk JKM minimal Rp27 juta. Jika peserta honorer nantinya diangkat PPPK, jaminan socialnya pun bertambah. Nanti dengan tambahan program beasiswa, peserta akan menerima santunan minimal Rp57 juta.

“Ketentuannya, pegawai honorer yang sudah didaftarkan Pemda yang dibuktikan pembayaran premi itu langsung berhak menerima santunan. Tidak ada masa kerja sebulan, setahun atau berapa lama. Yang pasti begi terdaftar melalui pembayaran premi, peserta langsung berhak menerima santunan,” ujar Teguh lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkab Mentawai, Martinus Dahlan juga mengapresiasi langkah cepat Taspen dalam pembayaran klaim santunan kepada pegawainya. Kehadiran Taspen di Mentawai sekaligus menjawab kepastian dan pembuktian komitmen Taspen sebagai penyelenggara Jaminan Sosial pegawai, baik PNS maupun Non PNS atau honorer.

“Terimakasih Taspen yang bergerak cepat. Begitu menerima laporan ada pegawai honorer yang meninggal dunia, Taspen pun proaktif cepat memproses administrasinya dan datang langsung ke Mentawai untuk menyerahkan santunan kematian JKM. Taspen juga didukung programIT, sehingga memudahkan kami sebagai peserta,” tambah Sekda.

Pada kesempatan itu, Taspen Cabang Padang juga langsung menyerahkan santunan kepada ahli waris tenaga honorer Mentawai yang meninggal September lalu. Peserta yang terdaftar Januari 2019 itu menerima santunan sekitar Rp27 juta yang diterima ahli warisnya.

Pemkab Mentawai merupakan salah satu dari empat daerah di Sumbar yang sudah mengikutsertakan pegawai honorernya peserta JKK-JKM Taspen. Tiga daerah lagi yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pasaman Barat. Taspen mengajak daerah lain di Sumbar juga memberikan Jaminan Sosial kepada Honorer sesuai PP Nomor 70 Tahun 2015 dan PP Nomor 49 Tahun 2018 dimana pemerintah menunjuk Taspen sebagai penyelenggara Jaminan Sosial PNS dan Non PNS tersebut. (*)

Reporter : Rel /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]