Nasrul Abit: TdS Terus Perkuat Nilai Ekonomi dan Wisata


Kamis, 24 Oktober 2019 - 00:04:12 WIB
Nasrul Abit: TdS Terus Perkuat Nilai Ekonomi dan Wisata Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Iven Tour de Singkarak (TdS) yang sudah memasuki tahun ke-11 pada tahun ini, bukan sekadar pagelaran iven olahraga. Lebih dari itu, Wagub Sumbar Nasrul Abit (NA) menegaskan kembali bahwa misi ekonomi dan kepariwisataan ikut menjadi dasar dalam pelaksanaan TdS setiap tahunnya.

"Sebagai iven sport tourism, jelas kejarannya bukan sekadar olahraga, tapi misi pariwisata dan ekonomi terbawa di dalamnya. Pengemasannya terus kami kembangkan," kata Nasrul Abit, Rabu (23/10).

NA menyebutkan, dalam setiap gelaran TdS, selalu melibatkan ratusan fotografer, videografer, dan pewarta foto, yang mengejar sudut gambar terbaik saat mengabadikan momen atau meliput TdS di Sumbar. "Misi eksplorasi dan memasarkan wisata alam di Sumbar ada dalam hal ini," sambung Nasrul.

Oleh karena itu, Pemprov Sumbar terus berusaha memantapkan posisi TdS dalam kalender tahunan UCI sebagai salah satu iven unggulan balap sepeda dunia. Dengan demikian, perhatian dunia akan tertuju pula kepada keelokan alam Sumatra Barat.

"Terbukti setiap tahun, animo pebalap internasional cukup baik untuk terlibat dalam TdS. Selain itu jumlah kunjungan wisatawan dan lama tinggalnya di Sumbar ikut meningkat. Sedangkan di sisi olahraganya, tentu akan ikut memacu peningkatan kualitas pebalap lokal dan nasional, karena terlibat dalam TdS yang diikuti oleh pebalap sepeda kelas dunia,” sebutnya lagi

Sementara itu dari sektor ekonomi, Nasrul Abit menegaskan, pihaknya menargetkan iven TDS mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lintas sektor dan peningkatan Infrastruktur khususnya di area yang dilewati Tour de Singkarak.

Selain itu, juga ada peningkatan sarana dan prasarana seperti akomodasi, restoran, usaha rental mobil, toko souvenir, serta peningkatan devisa negara, belanja wisatawan, investasi baru di bidang kepariwisataan, dan tumbuhnya usaha ekonomi masyarakat.

“Banyak nilai strategis lain selain olahraga yang menjadi dasar pelaksanaan TdS ini. Terlebih, tahun ini provinsi tetangga, Jambi, ikut terlibat sebagai penyelenggara. Ini menandakan selain berkontribusi untuk Sumbar, TdS menarik perhatian untuk ikut berkontribusi dalam skala regional Sumatra,” ucapnya menutup. (h/isq)


Reporter : Ishaq /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Desember 2019 - 22:32:23 WIB

    Ketua Organda Apresiasi Cara Berkomunikasi Nasrul Abit

    Ketua Organda Apresiasi Cara Berkomunikasi Nasrul Abit PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hubungan baik Nasrul Abit dengan sejawat dan masyarakat dinilai sebagai modal dasar keberhasilan Wakil Gubernur Sumbar itu dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya selama ini. Hal itu diutarakan Ket.
  • Rabu, 27 November 2019 - 02:15:14 WIB

    Nasrul Abit Beri Masukan untuk JKN di DPR RI

    Nasrul Abit Beri Masukan untuk JKN di DPR RI PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam diskusi kelompok terpumpun (DKT/FGD) bersama Anggota Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan RI, Selasa (26/11),, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengemukakan empat masukannya terkait penyel.
  • Ahad, 24 November 2019 - 14:35:55 WIB

    Nasrul Abit Tekankan Pentingnya Pembangunan Kemanusiaan

    Nasrul Abit Tekankan Pentingnya Pembangunan Kemanusiaan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kwarda Pramuka Sumatra Barat, Kakak Nasrul Abit menegaskan pentingnya mensejalankan pembangunan kemanusiaan dengan pembangunan fisik daerah. Oleh karena itu pula, pengukuran Indeks Pembangunan Manu.
  • Rabu, 13 November 2019 - 12:59:43 WIB

    Nasrul Abit Sorot Kesiapan Anak Kamanakan Memagari Budaya Minangkabau

    Nasrul Abit Sorot Kesiapan Anak Kamanakan Memagari Budaya Minangkabau PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tugas berat memagari Budaya Minangkabau agar tak tergerus gaya hidup modern dan budaya asing berada di pundak anak kamanakan. Dengan demikian, anak kamanakan mesti paham betul seluk beluk Budaya Mi.
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:48:09 WIB

    Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana ke Jepang

    Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana ke Jepang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Peningkatan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana gempa dan tsunami terus menjadi fokus Pemprov Sumbar. Terkini, Wakil Gubernur Nasrul Abit (NA) berkunjung ke Sendai, Jepang, untuk mempelajari le.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM