Orang Minang Tak Masuk Kabinet, Najmuddin PhD: Tak Perlu Kecewa, Sebaiknya Koreksi Diri


Kamis, 24 Oktober 2019 - 10:45:35 WIB
Orang Minang Tak Masuk Kabinet, Najmuddin PhD: Tak Perlu Kecewa,  Sebaiknya Koreksi Diri Dr.Najmuddin M Rasul PhD

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Presiden Joko Widodo telah melantik para Menteri dan pejabat setingkat menteri  Kabinet Indonesia Maju. Pengamat politik dan pakar komunikasi Unand Dr.Najmuddin M Rasul PhD menilai,   komposisi  kabinet sudah cukup representatif, dan diyakini akan mampu mempercepat kemajuan Indonesia.

 "Ya, komposisinya  sudah cukup representatif. Ada intelektual, ekonom, purnawirawan, lalu kaum muda dan keterwakilan perempuan. Bahkan ada keterwakilan non koalisi  juga di sana. ini menyiratkan Indonesia jauh lebih maju dalam berdemokrasi," ungkap Najmuddin menjawab  harianhaluan.com, Kamis (23/10).

Ia juga  menanggapi, dilantiknya Prabowo Subianto sebagai Menhan,  bernilai  kesungguhan berekonsialiasi, juga sesuai kapasitas dan sangat kapable. "Indonesia hari ini memang sangat memerlukan Menhan memiliki kualifikasi tinggi. Hal ini sama dengan Menhan  di negara-negara maju," ujarnya.

Ditanya soal ramainya  narasi kekecewaan orang Minang di medsos,  Najmuddin PhD  menyatakan, komposisi itu  sebaiknya dijadikan koreksi ke dalam.

"Banyak daerah lain,  dan juga pemimpinnya, sudah jauh lebih maju. Kita  harus koreksi dirilah secara ril," harapnya.

Ia  minta jangan hanya melihat komposisi kabinet  dari kacamata politis semata.

"Kita  masih punya pola pikir Post Figuratif, (Mangungkan masa lalu). Sementara daerah lain sudah  berlari jauh ke depan," ungkapnya.

Jika pun bercermin dari masa lalu, kata Najmuddin,  tokoh Minang  yang menetukan  arah bangsa  di zamannya, memang  yang teruji super hebat di zamannya. Bung Hatta masa itu,  tak ada yang bisa menyamai kepakarannya. 

Gamawan Fauzi masuk kabinet, kata Najmuddin,   juga tak lepas dari  prestasi dan kapasitasnya yang di zamannya, di masa  itu,  memang  jauh lebih menonjol dari daerah lain.

"Sedangkan di masa ini, prestasi pak gubernur kita, tidak ada yang menonjol. Biasa-biasa saja," pungkasnya. (*)

Reporter : DODI NJ /  Editor : DODI NJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]