Ini Komentar Dahlan Iskan Terhadap Susunan Menteri Baru Jokowi


Kamis, 24 Oktober 2019 - 11:23:28 WIB
Ini Komentar Dahlan Iskan Terhadap Susunan Menteri Baru Jokowi Dahlan Iskan

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memuji susunan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua. Hal itu ia sampaikan di laman pribadinya disway.id.

Dahlan memberi judul tulisannya tersebut 'Kabinet Bagus'. Menurutnya, Jokowi sebagai penyusun kabinet tersebut mampu keluar dari tekanan banyak pihak.

"Saya harus memuji susunan kabinet baru ini. Berarti saya harus memuji yang menyusunnya: Presiden Joko 'Jokowi' Widodo," kata Dahlan seperti dikutip detikcom, Kamis (24/10/2019).

"Tentu tidak memuaskan semua orang. Apalagi semua partai. Tapi terlihat Presiden Jokowi bisa keluar dari tekanan banyak pihak," ujar dia.

Dahlan mengatakan, peran Luhut Binsar Pandjaitan masih dominan di kabinet. Luhut sendiri kini menjadi Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Menurut Dahlan, kehadiran Luhut di kabinet bisa menjadi tameng dari tekanan berbagai pihak, termasuk di parlemen.

"Memang Luhut Panjaitan masih terlihat dominan. Jabatan lamanya tetap: Menko Kemaritiman. Membawahi ESDM dan kelautan. Bahkan ditambah bidang investasi. Tapi --dari kacamata presiden-- itu pilihan yang tepat. Luhut bisa jadi bumper untuk berbagai tekanan. Dari perorangan maupun politisi. Termasuk dari parlemen," paparnya.

Ia menambahkan, Luhut merupakan tipe orang yang menyediakan diri untuk menjadi benteng demi kepentingan Presiden.

"Ia tipe orang yang menyediakan diri untuk jadi benteng. Demi kepentingan seorang presiden," katanya.

Dahlan Iskan melontarkan pujian terhadap pilihan Jokowi di hampir setiap posisi menteri. Untuk menteri di bidang ekonomi, Dahlan berpendapat kabinet kali ini disusun lebih demi mengkonsolidasikan berbagai pihak, sehingga kerja bisa tenang dan tentu harapannya target yang dicanangkan bisa dicapai.

"Dari segi kebersamaan, kabinet ini seperti hujan yang merata. Kekompakan kelihatan lebih utama," tulis Dahlan.
(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 20:24:45 WIB

    Mulai Malam Ini, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Secara Bertahap

    Mulai Malam Ini, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Secara Bertahap HARIANHALUAN.COM - Sehubungan dengan berakhirnya operasi pengendalian transportasi dalam rangka larangan mudik Lebaran tahun 2020, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengopera.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:40:12 WIB

    Ini Sanksi Bagi Pelanggar di Masa Transisi PSBB dari Denda hingga Cabut Izin

    Ini Sanksi Bagi Pelanggar di Masa Transisi PSBB dari Denda hingga Cabut Izin HARIANHALUAN.COM -- Warga Ibu Kota diimbau mematuhi aturan selama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Masyarakat bahkan diimbau berpartisipasi melaporkan jika ada pelanggaran..
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 08:46:11 WIB

    Tagihan Listrik Kamu Bengkak? Ini Kata PLN

    Tagihan Listrik Kamu Bengkak? Ini Kata PLN HARIANHALUAN.COM -- PT PLN (Persero) menanggapi banyaknya keluhan pelanggan terkait lonjakan kenaikan tagihan rekening listrik di Provinsi Riau. PLN melakukan penghitungan riil di meteran..
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:42:56 WIB

    Sudah Ada Rumah Tapi Gaji Dipotong Tapera, Ini Kegunaannya?

    Sudah Ada Rumah Tapi Gaji Dipotong Tapera, Ini Kegunaannya? HARIANHALUAN.COM -- Gaji pegawai baik negeri maupun swasta bakal dipotong untuk iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sebesar 3% setiap bulan. Program pemerintah ini dirancang untuk mempermudah pembiayaan rumah bagi warga.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:47:57 WIB

    SOP New Normal, Hotel Harus Siapkan Klinik

    SOP New Normal, Hotel Harus Siapkan Klinik HARIANHALUAN.COM -- Geliat wisata di NTB yang mati suri akibat Covid-19 membuat para pemangku kebijakan harus berpikir soal tatanan hidup baru atau new normal untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di bidang pariwisata.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]