Keren, Sebentar Lagi Ada Ponpes dengan Fasilitas Setara Hotel di Kota Pariaman


Kamis, 24 Oktober 2019 - 12:20:40 WIB
Keren, Sebentar Lagi Ada Ponpes dengan Fasilitas Setara Hotel di Kota Pariaman Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman M. Nur

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Turki akan bangun Pondok Pasantren di Kota Pariaman dengan fasilitas setara hotel berbintang.

"Kita bekerja sama dengan Pondok Pasantren Turki akan membangun pondok pesantren tahfiz dengan anggaran sekitar Rp3 miliar," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman M. Nur, Kamis (24/10).

Ia menyampaikan kerjasama dengan Sulaimaniyah Turki dalam bentuk operasional pondok pesantren tersebut. Karena untuk operasional sebuah pasantren itu membutuhkan biaya yang lumayan besar. 

"Untuk Lahannya sudah ada di Desa Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Timur dengan luas lahan tiga hektare. Begitu juga desainnya, serta dana untuk peletakkan batu pertama yang rencananya dilaksanakan November mendatang," katanya.

M. Nur menyampaikan mengatakan bangunan pesantren tersebut bertaraf berbintang tiga sehingga setiap ruangan memiliki pendingin udara. Untuk mempersiapkan pembangunan pesantren tersebut, lanjutnya pihaknya telah mengunjungi sejumlah pesantren di sejumlah daerah di Indonesia yaitu Aceh, Medan, Jakarta. 

"Kami juga telah melakukan kunjungan ke berbagai daerah untuk melihat Pondok Pasantren disana, guna penerapan Pondok tahfiz di Pariaman ini," katanya.

Ia menjelaskan kerja sama dengan pesantren Turki tersebut yaitu pesantren itu mendatangkan guru, mencarikan santri, dan dana operasional. "Sedangkan izin operasional dan jaminan mutu pendidikannya dari kami," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan dengan adanya pesantren tersebut maka dapat mendukung daerah itu sebagai kota wisata berbasis Islami. "Apalagi pesantren Sulaimaniyah ini cabangnya banyak, tidak saja di Indonesia tapi juga sejumlah negara di dunia," ujarnya.

Ia menyampaikan pihaknya masih mencari donatur untuk membangun pesantren tersebut sehingga dapat segera difungsikan. "Saat ini pendanaannya belum menggunakan APBD Pariaman, tetapi kita berupaya mencarikan donatornya," kata Genius. (h/mg-hen)

Reporter : Yuhendra /  Editor : heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 14:18:40 WIB

    Keren, 1.000 Pelajar Akan Menari di Pembukaan Rakerwil Apeksi 2020

    Keren, 1.000 Pelajar Akan Menari di Pembukaan Rakerwil Apeksi 2020 PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Rakerwil Apeksi tahun 2020 di Kota Pariaman selain akan dibuka oleh Ketua Apeksi se-Indonesia, juga dimeriahkan dengan penampilan tari indang oleh 1.000 pelajar se-Kota Pariaman..
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 14:31:16 WIB

    Wah Keren, Sawahlunto Punya Puskesmas Inklusi Pertama di Sumbar

    Wah Keren, Sawahlunto Punya Puskesmas Inklusi Pertama di Sumbar SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Puskesmas Sungai Durian menjadi Puskesmas Inklusi Ramah Disabilitas pertama di Sumatra Barat setelah diresmikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, yang juga bertepatan dengan peringatan hari Ce.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:57:00 WIB

    Keren, Kapal Banawa Sudah Sampai di Kota Pariaman

    Keren, Kapal Banawa Sudah Sampai di Kota Pariaman PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - Kapal Banawa Nusantara untuk Kota Pariaman bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut, posisi perjalananya sudah sampai di lampung, Selasa (15/10) ..
  • Kamis, 26 September 2019 - 17:14:09 WIB

    Wah Keren, Bendi Online akan Bergabung dengan Gojek

    Wah Keren, Bendi Online akan Bergabung dengan Gojek PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang berencana bendi online akan bergabung ke dalam aplikasi gojek. Jadi pelanggan yang membutuhkan bendi di Kota Padang bisa langsung mendapatkann.
  • Selasa, 03 September 2019 - 21:41:09 WIB

    Keren, Payakumbuh Segera Miliki Miniatur Masjid Nabawi

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pasca ambruknya bangunan Mesjid Baiturrahman yang yang berada di Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur pada awal 2018 lalu, kini bangunan mesjid yang sudah berumur satu abad tersebut berubah .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]