Setahun Tak Ada Progres, Deri Asta Tagih Janji PTBA 


Kamis, 24 Oktober 2019 - 13:57:15 WIB
Setahun Tak Ada Progres, Deri Asta Tagih Janji PTBA  Hotel Ombilin, yang saat ini tidak beroperasi karena akan dijadikan hotel bintang Lima. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyatakan kekecewaannya terhadap eksekusi dari rencana pemanfaatan Kantor Ombilin PTBA dan juga bangunan tua lainnya, yang akan dimanfaatkan sebagai hotel. 

Hingga saat ini belum ada kejekasannya. PTBA sebelumnya telah merilis bahwa akan membuat hotel bintang Lima yang akan dikelola oleh PT. Hotel Indonesia Natuor (HIN) rampung pada akhir 2019.
"Ini sudah hampir habis 2019, tapi belum ada sedikitpun progresnya. Bahkan Hotel Ombilin yang sudag ada selama ini, akhirnya berhenti beroperasi karena rencana itu, sehingga sedikit mengganggu akomodasi penginapan bagi wisatawan yang berkunjung," ujar Walikota Deri Asta, Rabu (23/10).

Wako Deri Asta menyebutkan, bahwa dirinya telah meminta penjelasan kepada pihak PT.BA dalam hal ini GM UPO, Nan Budiman, yang menerangkan bahwa rencana itu telah dalam proses tender. Deri Asta menilai, jika memang tidak jelas Pemko bisa membuat Hotel seperti yang dimaksud.
"Kita juga bisa membangun Hotel tersebut, kalau memang tidak ada kejelasannya seperti sekarang ini," sebutnya.

Semula lanjutnya, Pemko sangat mendukung rencana pembuatan hotel tersebut dengan harapan akan mampu menunjung perkembangan kepariwisataan Sawahlunto, akan tetapi yang terlihat sampai saat ini, hanya janji janji saja tidak ada realisasinya.

"Banyak janji dari PTBA yang akan melakukan perbaikan, seperti pemugaran lobang Lunto II, akan kembali melakukan penambangan batubara dan juga perbaikan lampu tulisan Sawahlunto, tapi tidak satupun yang terelisasi," kata Deri Asta didampingi Wakil Walikota, Zohirin Sayuti.

Sebelumnya, seperti yang telah dimuat pada harian Haluan edisi terbit 21 Desember 2018, diberitakan bahwa Gedung perkantoran PTBA UPO atau yang biasa disebut Kantor Ombilin disepakati jadi hotel bintang. Bangunan peninggalan kolonial Belanda itu akan direvitalisasi menjadi hotel bertaraf Internasional PT. HIN.

"Progresnya awal 2019, dimulai dengan pembenahan hotel Ombilin baru kemudian secara bertahap bangunan kantor Ombilin," ujar GM PTBA UPO, Nan Budiman.

Sementara Direktur Utama PT HIN, Iswandi juga mengatakan, PT BA dan PT HIN sudah melakukan penandatanganan kerjasama di Jakarta. Dalam kesempatan itu Iswandi Said menargetkan proses revitalisasi hotel Ombilin akan rampung akhir 2019, setelah itu dilanjutkan revitalisasi kawasan perkantoran PTBA UPO. (h/rki)

 

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Desember 2019 - 16:33:15 WIB

    Polres Dharmasraya Musnahkan Barang Bukti Tangkapan Setahun

    Polres Dharmasraya Musnahkan Barang Bukti Tangkapan Setahun DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Polres Dharmasraya musnahkan ribuan minuman keras (miras) berbagai jenis dan 1 Kilogram Narkotika jenis sabu, Senin (23/12) di halaman Mapolres setempat..
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 16:01:54 WIB

    Setahun Berjalan, 25 Rumah Tahfiz Hadir di Sawahlunto

    Setahun Berjalan, 25 Rumah Tahfiz Hadir di Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 40 orang guru dan pengurus Rumah Tahfiz se Kota Sawahlunto mengikuti workshop pengelolaan Rumah Tahfiz, Selasa (15/10) di Meeting Room Hotel Parai. Setidaknya saat ini ada 10 Rumah T.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:58:06 WIB

    Di Kota Padang Panjang, Produksi Padi Capai 6.480 Ton Setahun

    PADANG PANJANG, HALUAN – Meski tergolong daerah kecil, Kota padang Panjang ternyata mampu menghasilkan padi dalam kurun waktu setahun sebanyak sebanyak 6.480 ton dengan luas tanam 1.696 hektare..
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:26:15 WIB

    Setahun, 2.436 Anjing Tewas Diracun

    PAINAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, pada 2016 ini berhasil melakukan eliminasi (peracunan) anjing liar sebanyak 2.436 ekor. Kegiatan eliminasi anjing liar tersebut dimaksud untuk menjaga keselamatan mas.
  • Senin, 27 Juni 2016 - 16:50:17 WIB
    Aktivitas Peti Merajalela

    Air Sungai Batanghari Hanya Jernih 10 Hari Dalam Setahun

    Air Sungai Batanghari Hanya Jernih 10 Hari Dalam Setahun DHARMASRAYA, HALUAN -- Masyarakat Dharmasraya sudah merindukan jernihnya air Sungai Batanghari seperti dahulu sebelum adanya penambangan tanpa izin (Peti) di hulu sungai. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]