Seminar Nasional 'Media dan Pemuda' Edukasi Ratusan Mahasiswa di Padang


Kamis, 24 Oktober 2019 - 13:59:45 WIB
Seminar Nasional 'Media dan Pemuda' Edukasi Ratusan Mahasiswa di Padang Seminar Nasional 'Pemuda dan Media' di Ballroom Hotel Basko.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai salah satu media yang memiliki historis di Sumatera Barat, Harian Haluan menjelma menjadi media yang dikenal luas di semua kalangan. Bulan Oktober pun menjadi bulan sakral bagi Haluan untuk menunjukkan eksistensinya selama 71 tahun.

Di Hari Jadi inilah, momen untuk lebih banyak memberikan edukasi kepada masyarakat menjadi tugas yang diemban. Salah satunya dengan menggelar Seminar Nasional dengan tajuk 'Media dan Pemuda'. Seminar yang digelar di Ballroom Hotel Basko, Kamis (24/10) pun dipenuhi oleh ratusan mahasiswa di Kota Padang. 

Pada Seminar Nasional tersebut dihadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti CEO Haluan Media Group Brian Putra Baskara, Founder dan CEO Asumsi Pangeran Siahaan, Founder The Konvergen Tania Razif dan influencer muda serta penyiar Global Radio Jakarta Adit Insomnia. 

Seminar ini juga mendapuk Wakil Rektor Universitas Taman Siswa Hafrizal Okta Ade Putra sebagai moderator dan ada juga Adim MF, penyanyi lokal yang tengah naik daun. Selain itu, Seminar Nasional ini juga dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa dan Kabid Humas Polda Sumbar, AKBP Syamsi. 

Dalam sambutannya, CEO Haluan Media Group, Brian Putra Baskara menyebut, dunia digital adalah dunia yang penuh dengan ilmu pengetahuan jika dimanfaatkan dengan baik. Tentunya, kaum milenial yang akan menjadi generasi penerus harus melek dengan kondisi tersebut, termasuk mengetahui tentang pers.

Brian pun bersemangat ketika ada mahasiswa yang tertarik dengan dunia pers. "Makanya, hubungan antara pers dengan pemuda tidak bisa dielakkan. Generasi penerus diharapkan bisa menjadi tonggak untuk kemajuan pers, terutama pers digital.," katanya. 

Ditambahkannya, fokus utama Haluan saat ini adalah produk digital. Baginya, Haluan merupakan media cetak bersejarah di Nasional dan disebut sebagai 'Wali Songo' produk jurnalistik Indonesia. Tentunya, Haluan selalu berjuang untuk kepentingan bangsa dan publik.

"Saat ini, Haluan banyak merambah beberapa daerah. Tidak hanya di bidang cetak, Haluan harus berubah ke era digital," sebutnya.
 
Dia menyimpulkan, menurut riset, generasi milenial adalah orang yang terlahir di maraknya teknologi informasi. Kemampuannya yang multi tasking rata-rata membuat mereka terbuka untuk menerima semua influence yang ada, termasuk paparan berita hoaks. 

"Disinilah media, terutama Haluan diminta untuk mengatasi itu dan memberikan kreativitas lebih kepada mereka dalam berbagai segmen," jelas Brian.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang, Hendra Septa mengatakan, saat ini media digital memang menjadi salah satu peran yang sangat penting dalam dunia pers. Hal itu terkait dengan semakin majunya teknologi dan perkembangan dunia digital yang sangat pesat. 

"Saya dari dulu senang menyimak perkembangan dunia pers. Mulai dari koran, hingga pers digital saat ini yang berkembang sangat pesat. Haluan salah satu contoh itu, tidak hanya berkembang di koran, tapi juga maju di pers digital," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 21:23:19 WIB

    HIPMA SN Gelar Seminar, Mosi Integral Natsir Perlu Diperingati Tiap Tahun

    HIPMA SN Gelar Seminar, Mosi Integral Natsir Perlu Diperingati Tiap Tahun LEMBAH GUMANTI,HARIANHALUAN.COM-Mosi Integral Natsir, sebuah gagasan dan upaya menjaga persatuan Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapat sambutan hangat dan disahkan di Parlemen Republik Ind.
  • Senin, 23 September 2019 - 17:35:37 WIB

    RS KPJ Damansara Bakal Seminar dan Konsultasi Gratis

    RS KPJ Damansara Bakal Seminar dan Konsultasi Gratis PADANG, HARIANHALUAN.COM — Rumah Sakit KPJ Damansara Malaysia bakal menggelar seminar dan konsultasi kesehatan gratis di Ballroom Basko Hotel pada 29 September mendatang. Mengusung tema "Infertilitas dan Program Bayi Tabung.
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 16:10:37 WIB

    Padang Panjang Siap Jadi Tuan Rumah Seminar ICGE

    Padang Panjang Siap Jadi Tuan Rumah Seminar ICGE PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Kota Padang Panjang akan ramai dikunjungi, tidak hanya dari Dalam Negeri tetapi juga mancanegara yakni pada awal Juli 2019 mendatang tepatnya tanggal 1 hingga 3 Juli dikarenakan Padang Panja.
  • Senin, 07 Mei 2018 - 01:05:36 WIB

    SPH Gelar Seminar Kegawatdaruratan

    SPH Gelar Seminar Kegawatdaruratan PADANG, HALUAN - Semen Padang Hospital (SPH) kembali menggelar simposium medis di ruangan serba guna RS tersebut, Sabtu (5/5). Simposium kali ini membahas tentang penatalaksanaan kegawatdaruratan obstetri dan neonatal..
  • Kamis, 10 November 2016 - 00:36:16 WIB

    Seminar FKI Hadirkan Ilmuwan Luar Negeri

    Seminar FKI Hadirkan Ilmuwan Luar Negeri PADANG PANJANG, HALUAN — Ratusan mahasiswa dan civitas akademika ISI Padang Panjang dan seluruh delegasi PTN seni di Indonesia yang ikut dalam Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke-9 mengikuti seminar internasional di Ruanga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]