Wisuda ke-48, STTIND Padang Lepas 109 Wisudawan


Kamis, 24 Oktober 2019 - 14:57:05 WIB
Wisuda ke-48, STTIND Padang Lepas 109 Wisudawan Wisuda STTIND.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang melepas 109 orang wisudawan/wati pada acara Wisuda ke-48, bertempat di Hotel Pangeran beach Padang, Selasa (22/10). Ketua STTIND, Riko Ervil menjelaskan, 109 orang wisudawan tersebut berasal dari 4 program studi (prodi) yang ada di STTIND.

"Pada hari ini, STTIND melepas 109 wisudawan program Starata Satu (S1) yang terdiri dari Prodi Sistem Informasi 18 orang, Teknik Industri 19 orang, Teknik Pertambangan 50 orang dan Teknik Lingkungan 22 orang. Dan 6 orang diantaranya cumlaude/dengan pujian, dengan IPK tertinggi 3.83 dari Prodi Teknik Pertambangan," ungkap Riko.

Dikatakannya, hingga wisuda ke-48 ini Alumni STTIND Padang telah berjumlah 1.575 orang. "Total seluruh alumni STTIND sebanyak 1.575 orang. Dimana 1.129 orang berasal dari lulusan Teknik Industri, 240 orang dari Teknik Pertambangan, 136 orang dari Teknik Lingkungan, 70 orang sistem informasi," ungkapnya.

Ia berpesan kepada seluruh wisudawan agar bergabung dengan alumni, menjaga tali silaturahmi antara alumni dan STTIND untuk membesarkan STTIND kedepannya. Sementara itu, Nizwardi Jalinus, Badan Pengawas Yayasan M.Yamin berpesan agar wisudawan/wati mengikuti perkembangan teknologi.

"Era revolusi 4.0 menuntut perubahan yang cepat dengan digital transformation akan mengubah tata sosio-cultural mahasiswa. Sehingga mahasiswa dituntut untuk mengikuti perkembangan dan berjuang untuk kemajuan STTIND yang masa datang," ucap Nizwardi.

Nizwardi menambahkan dukungan seluruh pihak sangat penting dalam membantu kemajuan STTIND. "Tahun ini STTIND menerima 97 orang mahasiswa baru. Keikutsertaan dan partisipasi mahasiswa merupakan trend positif yang akan selalu meningkat. Dengan dukungan dari berbagai pihak seperti mahasiswa, alumni, dosen dan civitas akademika serta pemerintah melalui LLDIKTI Wilayah X, kemajuan STTIND akan lebih mudah dicapai," kata dia.

Kepala bagian kelembagaan dan bagian informasi LLDIKTI Wilayah X, Jamurin mengatakan peran dosen sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu perguruan tinggi. Dalam menghadapi dunia global, dosen diharapkan tepat waktu, memiliki RPS dan bahan ajar yang up to date dan melaksanakan tri darma perguruan tinggi. 

"Kemudian melakukan riset dan penelitian, karena dosen adalah kunci utama mutu perguruan tinggi," ungkapnya.

Kemudian, sambung Jamurin, Perguruan Tinggi diharapkan mengembangkan Pendidikan Karakter agar didalam pendidikan juga dikembangakan nilai-nilai kejujuran dan disiplin, memperkuat kerjasama dengan instansi terkait, dan mengembangkan kurikulum berbasis enterpreneurship.

Ia berpesan untuk wisudawan agar meningkatkan keterampilan dan kalau bisa tingkatkan terus pendidikan ke S2 dan S3. Di tempat yang sama, wisudawan terbaik STIIND pada wisuda ke-48, Yulia Jamastuti, dari prodi (teknik pertambangan) berharap kedepan STTIND jadi kampus unggulan, tidak hanya di Sumbar tapi juga di luar Sumbar.

"Wisuda ini bukanlah akhir, tapi ini adalah awal. Kesuksesan tidak akan datang tanpa kita menjemputnya. Harapan STIIND lebih berjaya lagi, mencetak mahasiswa unggulan, lebih dikenal dan lebih banyak peminat," katanya. (*)

Reporter : Yessi Swita /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]