Waspada, Ulat Bulu Masih Mengintai Warga Andalas


Kamis, 24 Oktober 2019 - 17:05:24 WIB
Waspada, Ulat Bulu Masih Mengintai Warga Andalas Petugas saat melakukan penyemprotan. WINDA
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wabah ulat bulu yang menyerang warga Rt 01 Rw 11 Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur semakin menjadi. Warga diminta ektra membersihkan lingkungan dan menebang batang bersarangnya ulat tersebut.
 
Kepala UPT Hama dan Penyakit Tanaman Dinas Pertanian Damril saat dihubungi Harianhaluan.com, Kamis (24/10) membenarkan bahwa pihaknya telah menambah satu obat pestisida kembali. Paslnya warga semakin mengeluh dengan mewabahnya ulat bulu tersebut.
 
"Setelah dua hari yang lalu kami memberikan pestisida, ternyata ulat bulu tersebut masih berkembang biak. Pada Rabu (23/10) kemarin kami tambah lagi obatnya dan kami menyarankan masyarakat sekitar bisa segera melakukan penyemprotan," terang Damril.
 
Damril menjelaskan, kesepakatan bersama warga sekitar yaitu warga diwajibkan melakukan penyemprotan di lokasi. Tidak hanya itu, warga juga diminta ektra membersihkan area tempat ulat bulu bersarang.
 
"Ulat bulu itu bersarangnya di batang kedondong yang dibuat menjadi pagar. Nah batang itu yang harus segera dimusnahkan kemudian dilakukan goro untuk membersihkan rimba tersebut. Jika rimba sudah bersih, dan tidak da batang tersebut lagi kami yakin tidak akan ada ulat bulu lagi," ujarnya lagi.
 
Damril menegaskan, ke depan akan terus mengontrol lokasi yang terserang wabah ulat tersebut. Ia berharap warga setempat bisa melakukan goro dan penyemprotan secepat mungkin.
 
Sementara, Ketua RW 11 Jaihan membenarkan bahwa pestisida sudah diberikan oleh Dinas Pertanian. Ia bersam warga setempat akan melakukan goro dan penyemprotan.
 
"Kami sudah menebang sebagian batangnya, dan beberapa hari ke depan akan menebang habis sehingga tidak ada lagi tempat bersarangnya ulat bulu tersebut. Karena ulat itu sudah membuat warga gatal-gatal," ungkap Jaihan.
 
Tidak hanya itu, ia juga akan melakukan penyemprotan dengan obat yang sudah diberikan pemerintah. "Kami sudah sepakati untuk melakukan penyemprotan oleh pihak yang dipercayakan," tandasnya. (h/win)

Reporter : Rahma Winda /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:26:58 WIB

    Pemprov Waspada, DPRD Minta Status Darurat

    SOAL KABUT ASAP

    PADANG, HALUAN —Pemprov Sumbar, termasuk Pemkab dan Pemko dinilai legislator Gerindra, Hidayat, lamban mengambil sikap dalam penanggulangan dampak kabut asap.

    .
  • Senin, 14 September 2015 - 18:35:36 WIB

    Waspada, Keluarga JCH Sasaran Penipuan

    PADANG, HALUAN — Petugas Haji Embarkasi Padang me­ngi­ngat­k­an keluarga Jemaah Calon Haji (JCH) di tanah air, agar waspada saat menerima telepon dari oknum yang me­nga­ku petugas haji dan mengabar.

  • Rabu, 04 Maret 2015 - 18:56:15 WIB

    Waspada, Pria Berkemaja Rapi Beraksi di Angkot

    PADANG, HALUAN — Pencurian di atas angkot semakin marak terjadi di Kota Padang.  Kali ini, Yenti Seswita (43) warga Wisma Indah, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, menjadi kor.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]