Apa Jadinya Jika Bupati Dharmasraya dan Wakilnya Ikutan 'Nyantri'?


Kamis, 24 Oktober 2019 - 22:51:29 WIB
Apa Jadinya Jika Bupati Dharmasraya dan Wakilnya Ikutan 'Nyantri'? Ratusan siswa Ponpes di Dharmasraya ikut 'nyantri' dengan Bupati dan Wakilnya.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Deretan bus pariwisata sejak pagi sudah parkir di sisi Jalinsum depan kantor bupati Dharmasraya. Bus-bus yang disewa sejumlah pondok pesantren itu rupanya khusus membawa santri ke halaman kantor Bupati. Mereka akan ikut upacara Hari Santri Nasional di halaman kantor Bupati bersama Pemkab Dharmasraya.

Sejurus kemudian suasana sibuk mulai terasa. Para santri dengan busana khas memakai sarung yang dipadupadankan dengan taluak balango tampak menjadikan halaman kantor bupati bak pesantren. 

Sehari sebelumnya, Bagian Humas sudah menghias halaman kantor dengan baliho bernuansa Hari Santri. Bagian Protokoler juga terlihat sibuk mengatur barisan dan menata upacara. Mereka dibantu petugas TNI dan Polri untuk menara barisan.

Para santri perempuan juga tampil dengan busana muslimah yang khas. Mereka ditata terpisah dengan santri pria. Luar biasa suasana hari itu. Warna warni seragam santri memperindah pemandangan saat upacara berlangsung. Ternyata para santri ini tidak kalah cekatan dengan siswa dan siswi sekolah umum saat bertugas dalam upacara.

Di teras kantor Bupati tampak deretan pejabat dengan setelen sarung yang dipadu dengan jas. Para kepala OPD rampak smringah dengan pakaian bak ulama kondang. Seperti terhipnotis, mereka juga menjaga sopan santun duduk lantaran memakai busana khas satntri Indomesia.

Sementara, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan wakilmya H. Amrizal Dt. Rajo Medan juga tampil dalam balutan busana santri modern. Keduanya pakai sarung dipadu dengan jas dan peci nasional serta selop mengkilat. Penampilan duo pemimpin Dharmasraya itu mengundang decak kagum.

Wajar saja, karena Bupati dan Wabup ikit 'nyantri' bersama para siswa Ponpes tersebut. Meski keduanya bukan tamatan pesantren, namun kebijakannya boleh dibilang pro santri.

Ada 12 pesantren di Dharmasraya dengan sekitar 5.000 santri, semuanya mendapat perhatian secara proporsional. SR dan RJM sebutan populer saat keduanya bertarung di Pilkada, tetap menyisihkan anggaran untuk membantu para santri, termasuk yang diarahkan untuk dibiayai melalui Baznas.

Sebut saja masalah beasiswa untuk santri berprestasi, fasilitas Ponpes, biaya studi banding dan banyak lagi yang lainnya. SR dan RJM merangkul jajaran Kemenag untuk membina dan pengembangkan pesantren sebagai bagian dari kebuhahan Pemkab Dharmasraya mbangun sistem pendidikan di daerah.

Upacara Hari Santri pada Selasa (22/10) di halaman kantor Bupati itu berjalan khitmad dan diisi dengan pembacaan pidato Menteri Agama dan juga penyerahan penghargaan dan bantuan kepada para santri. (*)


 Sumber : ist /  Editor : Agoes Embun


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 November 2019 - 11:43:46 WIB

    Kapolres Kampar Dicopot Padahal Baru 2 Bulan Menjabat, Ada Apa?

    Kapolres Kampar Dicopot Padahal Baru 2 Bulan Menjabat, Ada Apa? PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Baru dua bulan menjabat, Kapolres Kampar di Riau, AKBP Asep Darmanwan mendadak dicopot. Ada apa?.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 21:15:28 WIB

    Akhir Oktober, Progres Pembangunan Rusunawa Capai 32 Parsen

    Akhir Oktober, Progres Pembangunan Rusunawa Capai 32 Parsen  BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Untuk memastikan pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias tinjau pekerjaan  pembangunan Rumah susun sewa (rusunawa) di Kelurahan Bukik Apik Puhun, K.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 09:33:53 WIB

    Kota Solok Tak Dapat Formasi Kesehatan di CPNS 2019

    Kota Solok Tak Dapat Formasi Kesehatan di CPNS 2019 SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Sumatera Barat mendapat pembagian kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 3.521 pada 2019 ini. Untuk Kota Solok mendapat kuota sebanyak 68..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 17:17:30 WIB

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM --  Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota terus di matangkan. Bupati setempat berharap, alek berkelas internasional itu berjalan aman, lancar dan benar-benar dima.
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 16:28:15 WIB

    Peringati Sumpah Pemuda, RRI Bukittinggi Upacara di Lobang Japang

    Peringati Sumpah Pemuda, RRI Bukittinggi Upacara di Lobang Japang BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Upacara bendera sejatinya digelar di lapangan terbuka, namun kali ini Radio Republik Indonesia (RRI) Bukittinggi mengelar upacara berbeda dari yang lain yakni dilaksanakan di objek wisata Loba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM