Soal Wamen, Said Didu: Mereka Akan Jadi Pengganggu dan Makan Gaji Buta


Jumat, 25 Oktober 2019 - 10:27:27 WIB
Soal Wamen, Said Didu: Mereka Akan Jadi Pengganggu dan Makan Gaji Buta

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Sekretaris Menteri BUMN Said Didu menyoroti permintaan Menteri BUMN Erick Thohir untuk diberikan wakil menteri (wamen). Ada beberapa hal yang dia garisbawahi.

Menurutnya saat ini struktur organisasi di Kementerian BUMN sudah ada 5 deputi yang mengurusi bidangnya masing-masing, ditambah satu sekretaris menteri (sesmen).

"Pengalaman menunjukkan dg beban pekerjaan @KemenBUMN yg "hanya" mengelolan proses keputusan RUPS maka dengan 5 Deputi dan 1 Sesmen saja sdh banyak "nganggur"," kata dia dikutip dari akun Twitter-nya, Jumat (25/10/2019).

Dia mengkhawatirkan nantinya tambahan pejabat di Kementerian BUMN hanya akan membuat mereka makan gaji buta. Yang lebih dikhawatirkan mereka malah jadi pengganggu.

"Jika pjbt menganggur maka mereka menjadi penikmat jabatan dan bahkan menjadi "pangganggu" BUMN," sebutnya.

Dia menilai tugas Kementerian BUMN hanya mengelola proses keputusan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

"Karena Kementerian BUMN "hanya" mengelola proses keputusan RUPS, maka saya yakin pak Menteri @erickthohir sangat paham oralganisasi seperti apa yg cocok untuk @KemenBUMN. Ide pengangkatan 5 Wakil Menteri sebaiknya dikaji lbh dalam lagi sblm diputuskan," lanjutnya.


Selain itu ada kementerian lain yang juga ikut mengurusi perusahaan negara. Jadi tidak semata-mata hanya ditangani oleh Kementerian BUMN.

"Sesuai UU, tugas utama Menteri BUMN adalah RUPS tdhp BUMN shg peran @KemenBUMN adlh "mengorganisasikan" RUPS bukan sebagai kantor CEO holding BUMN. Selain itu kewenangan spt PMN, holdingisasi likuidasi, dan privatisasi BUMN masih kewenangan Menkeu," tambahnya.

Namun apapun itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengambil keputusan bahwa para menteri boleh memiliki wamen jika memang diperlukan. Sore ini pun rencananya wamen-wamen yang telah diusulkan namanya bakal dilantik.

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 19:20:10 WIB

    Jujur! Pengusaha Bingung Kebijakan Pemerintah Soal Covid-19

    Jujur! Pengusaha Bingung Kebijakan Pemerintah Soal Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Kalangan dunia usaha menanggapi rencana pemerintah yang akan mengizinkan masyarakat berusia 45 tahun kebawah untuk kembali bekerja. .
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 15:25:17 WIB

    Dahlan Iskan Buka Suara Soal 'Penumpang Gelap' Cetak Uang Vs Cetak Utang

    Dahlan Iskan Buka Suara Soal 'Penumpang Gelap' Cetak Uang Vs Cetak Utang HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan buka suara mengenai polemik cetak uang dan utang dalam web pribadinya disway.id. Dahlan mengutarakan pandangannya tersebut melalui tulisan berjudul 'Kuda Gelap'..
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 20:33:08 WIB

    Sedih... Begini Isi Curahan Hati Sri Mulyani Soal Bansos

    Sedih... Begini Isi Curahan Hati Sri Mulyani Soal Bansos JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah sudah mengantisipasi pertumbuhan ekonomi pada 2020 dengan skenario sangat berat hingga minus 0,4%. Pasalnya, bantuan sosial pun tidak bisa membantu penurunan konsumsi yang terjadi di mas.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 07:45:08 WIB

    Soal Tagihan Listrik Naik 3 Kali Lipat, Ini Kata PLN

    Soal Tagihan Listrik Naik 3 Kali Lipat, Ini Kata PLN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Belakangan masyarakat ramai-ramai mengeluh terkait kenaikan tagihan listrik yang cukup signifikan. Bahkan ada yang mengaku kenaikan tagihan listriknya mencapai 3 kali lipat dari rata-rata biasanya..
  • Rabu, 22 April 2020 - 23:59:40 WIB

    Soal Badai PHK di Indonesia, Begini Tanggapan Jokowi

    Soal Badai PHK di Indonesia, Begini Tanggapan Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti tingginya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia imbas Corona (COVID-19). Menurut Jokowi dampak merebaknya virus Corona memang merupakan masal.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]