PLN UIW Sumbar Optimalkan Pelayanan di Daerah 3T


Jumat, 25 Oktober 2019 - 14:14:06 WIB
PLN UIW Sumbar Optimalkan Pelayanan di Daerah 3T Tim saat turun ke lapangan. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Peringatan Hari Listrik Nasional ke-74, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar tetap berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

Didukung oleh SDM yang handal dan berkompeten, PLN Sumbar siap mendukung program percepatan kelistrikan di daerah-daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto mengungkapkan berdasarkan data per Agustus 2019, daya mampu pembangkit 150kV mencapai 608,8 MW sedangkan daya mampu pembangkit EBT 20Kv mencapai 32,22 MW. 

“Beban puncak di Sumatera Barat saat ini mencapai 602,7 MW sehingga cadangan kita ada sekitar 38,32 MW. Ini murni dari Sumbar, tanpa adanya transfer dari selatan,” ucap Bambang. 

Bambang juga menambahkan komitmen PLN UIW Sumbar untuk senantiasa meningkatkan Rasio Elektrifikasi maupun Rasio Desa Berlistrik. 

“PLN Sumbar tentu saja terus berupaya untuk meningkatkan RE maupun RD, karena itu tugas kita, bentuk pengabdian kita kepada masyarakat dan Negara. Untuk saat ini, RE PLN sudah mencapai 95,01% sedangkan RE Total 96,27%. RD juga sudah di angka 98,88%” sambung Bambang.

Menjelang HLN ke 74, PLN UIW Sumbar turut berkontribusi dalam program “One Man One Hope”. 

Program sosial yang berupa penggalangan dana dari seluruh pegawai PLN untuk membantu Pasang Baru listrik kepada keluarga yang kurang mampu. Program yang sudah diresmikan tanggal 15 Oktober 2019 yang lalu ini, mampu melistriki 184 KK kurang mampu yang tersebar di seluruh Sumatera Barat.

Selain berupaya untuk senantiasa meningkatkan kehandalan sistem pasokan listrik ke seluruh pelanggan, PLN UIW Sumbar juga tidak lupa untuk mengajak masyarakat turut serta dalam kampanye shifting electricity lifestyle. 

“Cadangan daya di Sumbar ini besar, bahkan di akhir tahun 2019 cadangan daya diperkirakan akan mencapai 128,9MW. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir menggunakan lebih banyak energy listrik untuk mempermudah aktivitas sehari-hari," kata Bambang.

Lebih lanjut Bambang mencontohkan agar masyarakat beralih ke kompor induksi, selain lebih aman juga lebih higienis, praktis dan lebih hemat. 

Selain itu juga penggunaan kendaraan listrik.

"Saat ini sudah dijual bebas, jadi memakai kendaraan listrik juga salah satu kontribusi kita untuk mengurangi polusi udara, selain lebih praktis tentunya, tidak perlu mengantri bahan bakar. Cukup di charge dirumah atau di SPLU terdekat juga bisa jalan lagi,” ungkap Bambang.

Di kesempatan yang berbeda, Bambang juga mengemukakan bahwa sekarang ini sangat mudah bagi pelanggan untuk terhubung dengan PLN. 

“Jangan khawatir, urusan Pasang Baru, Naik Daya, complain dan pengaduan gangguan kelistrikan bisa menghubungi Contact Center PLN di 123 atau melalui Website PLN. Petugas kami standby 24 jam demi kenyamanan pelanggan,” imbuhnya.

Di usia PLN yang menginjak angka 74 tahun, seluruh insan PLN di Indonesia dan Sumatera Barat khususnya, tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Sinergi dengan para stakeholder dan pemerintah daerah juga terus digencarkan PLN guna mewujudkan tujuan mulia, memberi terang hingga ke pelosok negeri. (h/mg-yes)


Reporter : Yesi /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 November 2019 - 14:57:47 WIB

    PLN Fungsikan Gardu Induk Muara Labuh Hasil dari Panas Bumi PTSEML

    PLN Fungsikan Gardu Induk Muara Labuh Hasil dari Panas Bumi PTSEML SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Gardu Induk   (GI) PLN di Pekonina Muara Labuh, Solok Selatan (Solsel) pada Jumat (29/11) sudah terkoneksi dengan jaringan tol listrik Sumatra. Artinya, listrik dari Pembangkit PT Supreme En.
  • Jumat, 22 November 2019 - 18:16:05 WIB

    PLN UIW Sumbar Bantu Bencana Banjir Bandang di Maninjau

    PLN UIW Sumbar Bantu Bencana Banjir Bandang di Maninjau AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Bencana banjir bandang yang terjadi di Jorong Galapuang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam masih menyisakan duka bagi warga yang terdampak. Hal ini tidak luput dari perhatian PT PLN (Persero) Un.
  • Kamis, 21 November 2019 - 10:28:38 WIB

    PLN Pulihkan Kondisi Kelistrikan Pasca Banjir Bandang di Maninjau

    PLN Pulihkan Kondisi Kelistrikan Pasca Banjir Bandang di Maninjau PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat melalui Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) Lubuk Basung melaksanakan penormalan di kawasan yang terdampak banjir bandang di Jorong Galapung, Kecamatan Tanjung Raya,.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 08:32:40 WIB

    Semangat HLN ke-74, Giliran GM PLN Sumbar Melayani Pegawainya

    Semangat HLN ke-74, Giliran GM PLN Sumbar Melayani Pegawainya PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN UIWSB mengundang beberapa pegawai yang bertugas di lini terdepan pelayanan untuk mengikuti acara peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 74 di kantor induk Padang. Hal ini merupakan bentuk apr.
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 22:37:02 WIB

    Klaim Hemat 67%, PLN Resmikan AMEL Promosikan Kompor Listrik

    Klaim Hemat 67%, PLN Resmikan AMEL Promosikan Kompor Listrik PADANG, HARIANHALUAN.COM – PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat terus gencar memperkenalkan penggunaan kompor listrik ke masyarakat. Event yang baru-baru ini digelar pun terbilang cukup unik dan berbeda. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM