Dana Asing Sempat Cabut dari RI, Ada Kaitan dengan Kabinet?


Jumat, 25 Oktober 2019 - 16:13:11 WIB
Dana Asing Sempat Cabut dari RI, Ada Kaitan dengan Kabinet? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sejak awal tahun hingga 24 Oktober 2019 tercatat Rp 210 triliun.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan aliran modal tersebut terdiri dari surat berharga negara (SBN) Rp 157,6 triliun dan ke saham Rp 50,3 triliun.

"Itu yang sampai 24 Oktober 2019, kalau week to date (mingguan) jumlahnya Rp 12,03 triliun. Memang sempat terjadi outflow pada saham Rp 0,23 triliun," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (25/10/2019).
Perry mengatakan adanya aliran modal yang keluar terjadi karena respon ketidakpastian dari sisi global di pasar saham. Menurut Perry jumlah yang keluar jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah yang masuk.
Saat ditanyakan apakah outflow terjadi karena pasar tak ekspektasi baik pada pengumuman kabinet. Perry menjawab tak ada kaitan kabinet dengan modal asing yang keluar.

"Tidak ada hubungannya outflow dengan kabinet. Modal asing melihat confidence global, outflownya kan hanya Rp 0,23 triliun dibandingkan inflow yang lebih dari Rp 210 triliun," imbuh dia.

Menurut Perry masih banyaknya modal asing yang masuk ke Indonesia mencerminkan jika Indonesia masih menarik di mata asing.

Sebelumnya pada Senin investor asing justru melakukan aksi jual di pasar modal. Kondisi itu seiring dengan aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mulai memanggil beberapa tokoh ke Istana Kepresidenan untuk menjadi menteri.

Mengutip RTI, Senin (21/10/2019), tercatat net sell di seluruh pasar mencapai Rp 58,09 miliar. Itu terjadi di pasar reguler Rp 45,95 miliar, serta pasar negosiasi dan tunai sebesar Rp 12,14 miliar.(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 15:04:43 WIB

    Sambut New Normal, Siapkan Juga Dana Darurat

    Sambut New Normal, Siapkan Juga Dana Darurat HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menyebut masyarakat sudah harus siap memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal untuk menjalankan roda perekonomian. Namun harus tetap dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat..
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 22:31:26 WIB

    Hati-hati! Travel Gelap Nekat Bawa Pemudik Pidana Kurungan 2 Bulan Menanti

    Hati-hati! Travel Gelap Nekat Bawa Pemudik Pidana Kurungan 2 Bulan Menanti HarianHaluan.com - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan, kendaraan travel gelap yang biasanya berpelat hitam  bisa dijerat dua pasal dan terancam hukum.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 19:33:40 WIB

    Atasi Dampak Corona, Pemerintah Akan Gelontorkan Dana Rp57 T Untuk BUMN

    Atasi Dampak Corona, Pemerintah Akan Gelontorkan Dana Rp57 T Untuk BUMN Pemerintah tengah mengkaji gelontoran dana Rp57 triliun untuk BUMN. Dana salah satunya untuk memberikan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp25,27 triliun kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdampak virus corona dan m.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 19:14:29 WIB

    Apes! Dana Asing Rp125 T Minggat dari RI

    Apes! Dana Asing Rp125 T Minggat dari RI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang keluar (capital outflow) dari dalam negeri mencapai Rp125,2 triliun sepanjang tahun ini. Aliran dipicu kekhawatiran investor atas penyebaran.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 22:37:37 WIB

    Bangun Sumbar, Mulyadi Salurkan Dana Investasi Sebesar Rp7 Triliun

    Bangun Sumbar, Mulyadi Salurkan Dana Investasi Sebesar Rp7 Triliun PADANG, HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur (Cagub) Sumatra Barat (Sumbar) Mulyadi selama 10 tahun menjadi Anggota DPR RI berhasil menyalurkan dana investasi hampir Rp. 7 triliun untuk membangun daerah dan masyarakat Ranah Mina.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]