Duh, Orang Terkaya RI Sebut Indonesia Tak Business Friendly


Jumat, 25 Oktober 2019 - 20:05:59 WIB
Duh, Orang Terkaya RI Sebut Indonesia Tak Business Friendly Muhamad Nurrahmat

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Orang terkaya di Indonesia, Michael Bambang Hartono, bicara soal kondisi ekonomi saat ini dan tantangan para pebisnis di saat perang dagang global terjadi.

Menurutnya kondisi ekonomi dunia saat ini sedang gonjang-ganjing dan tidak ada kepastian akibat perang dagang yang terus-terusan terjadi antara Amerika Serikat dan China.

"Jadi kepastiannya belum ada, dan ini menurut saya kedua negara ini tidak akan mundur, Amerika yang memulai, China tidak ada mundur dan akan tetap melawan," katanya dilansir dari CNBC Indonesia, Kamis malam (24/10/2019).

Dengan kondisi seperti ini, sebenarnya Indonesia harus mencari celah untuk memetik keuntungan. Caranya adalah dengan dibantu pemerintah mewujudkan iklim investasi yang business friendly. "Jangan seperti sekarang, very unfriendly," sebutnya.

Ia menjelaskan fenomena 33 perusahaan China yang pindah ke Asia Tenggara, jika pemerintah bisa baca kesempatan sebenarnya bisa menjadi peluang masuknya investasi. Tetapi kenyataannya 33 perusahaan China itu tak ada yang mampir ke Indonesia. Rata-rata memilih Vietnam, Kambodja, dan Myanmar.

"Coba Anda pikir, kenapa kok tidak ke Indonesia? Karena kita memusuhi mereka, very unfriendly. Tidak China saja, dari semua negara tidak ke Indonesia. Why?"

Ini, kata dia, menjadi pekerjaan rumah pemerintah saat ini. Sikap pemerintah yang kurang ramah bagi investor seakan-akan lebih suka bikin susah dibanding membuat mudah.

Ia pun berbicara soal kabinet baru pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurutnya beberapa pilihannya ada yang bagus, ada juga yang kurang. "Tapi pada dasarnya very good," kata dia. (h/cnbc)

 Sumber : CNBC /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 22:32:36 WIB

    Duh, Ibu Baru Melahirkan di Semarang Positif Corona

    Duh, Ibu Baru Melahirkan di Semarang Positif Corona HARIANHALUAN.COM - Jumlah pasien terkonfirmasi positif penyakit virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bertambah satu orang sehingga total menjadi 48 kasus. Kasus terbaru seorang ibu yang baru melahirkan diy.
  • Ahad, 26 April 2020 - 04:46:24 WIB

    Waduh, Fadli Zon Ngomel-Ngomel Lagi Nih, Sekarang Soal...

    Waduh, Fadli Zon Ngomel-Ngomel Lagi Nih, Sekarang Soal... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon menegaskan proyek ibu kota baru harus ditunda. Menurutnya, untuk saat ini pemerintah harus fokus dalam penanganan virus corona (Covid-19)..
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 23:13:44 WIB

    Duh, Jelang Terlacak Positif Corona Menhub Sempat ke Istana

    Duh, Jelang Terlacak Positif Corona Menhub Sempat ke Istana JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dikonfirmasi sebagai pasien positif virus Corona dengan nomor kasus 76. Sebelum dinyatakan positif, Budi sempat menghadiri rapat terbatas di Istana..
  • Rabu, 13 November 2019 - 21:21:25 WIB

    Duh, Menhub Bakal  Batasi Ojek Online

    Duh, Menhub Bakal  Batasi Ojek Online JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Membanjirnya ojek online dapat berpotensi mengganggu kelancaran lalu-lintas. Karena itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin mengatur batasan jumlah ojek online (ojol). .
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 12:12:42 WIB

    Partai Demokrat Gaduh, Sang Ketum SBY Digoyang Isu KLB

    Partai Demokrat Gaduh, Sang Ketum SBY Digoyang Isu KLB JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Demokrat (PD) diterpa kegaduhan pasca munculnya desakan Kongres Luar Biasa (KLB) oleh sejumlah senior partai. Posisi sang ketum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun diterpa isu KLB tersebut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]