Anak Bos Lippo Jadi Orang Nomor 2 di Kemendag, Ini Profilnya


Sabtu, 26 Oktober 2019 - 07:44:53 WIB
Anak Bos Lippo Jadi Orang Nomor 2 di Kemendag, Ini Profilnya Jerry Sambuaga

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Jerry Sambuaga menjadi Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag). Jerry mendapat tugas dari Jokowi untuk menangani isu-isu perjanjian dan perdagangan internasional.

Jokowi memberi kepercayaan kepada Jerry untuk mendampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Jejaringnya yang luas di dunia internasional, diharapkan Jerry bisa membantu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

"Beliau akan memberikan back up penuh agar perjanjian perdagangan dengan negara lain bisa diselesaikan," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Dengan demikian, diharapkan RI bisa menjalin kerja sama dagang dengan negara-negara baru untuk mendongkrak kinerja ekspor RI bisa lebih baik di masa depan.

Nama Jerry Sambuaga sendiri sejatinya tak asing di kalangan dunia usaha. Lantas, siapa sebenarnya Jerry hingga dipercaya oleh Jokowi? 
Jerry merupakan anak dari Theo L Sambuaga adalah Presiden Komisaris PT Lippo Cikarang. Lahir di Jakarta 2 Juli 1985, Jerry saat ini merupakan anggota partai Golkar yang juga mengajar sebagai dosen FISIP Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi.

Jerry menyelesaikan studi S1 nya di University of San Francisco, Amerika Serikat (AS). Kemudian dia melanjutkan S2 di Master of International Affairs in International Security Policy, Columbia University, School of International and Publlic Affair New York.
Lalu menyelesaikan S3 di Universitas Indonesia, Depok.

Jerry pernah menjadi researcher untuk direktur keamanan internasional dan Perlucutan Senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Departemen Luar Negeri (Deplu) RI, yang bertugas mengeksplorasi dan melakukan riset masalah terorisme, keamanan internasional, dan isu mengenai pertahanan.
Pada tahun 2006, Jerry terlibat aktif sebagai Researcher dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik, tepatnya sebagai divisi politik pada Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB.

Jerry saat itu berkolaborasi sebagai Penasihat Khusus delegasi Indonesia di PBB. Setahun berikutnya yakni tahun 2007, Jerry terlibat dalam riset sebagai Researcher untuk ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN, Jakarta yang secara spesifik menginvestigasi dan menganalisis masalah-masalah konflik teritorial, pertahanan, keamanan, terorisme, dan militer di wilayah Asia Tenggara.

Pada tahun 2008 - 2009, Jerry menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI yang secara spesifik menangani isu-isu luar negeri, khususnya terkait hubungan DPR RI dengan parlemen-parlemen asing. Dan setelah selesai menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI, Jerry kemudian menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPD RI dari tahun 2009 - 2016.
Di luar Golkar, Jerry juga aktif di beberapa Ormas, antara lain sebagai Wakil Sekretaris DPP Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957, Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Saat ini Jerry menjabat sebagai Wakil Sekeretaris Jenderal DPP Partai Golkar dan juga sekaligus sebagai Wakil Ketua Umum DPP AMPI.(*)


 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]