Transformasikan Koperasi Konvensional ke Syari'ah, Pemko Padang Panjang Gandeng STES Manna Wa Salwa


Sabtu, 26 Oktober 2019 - 11:28:30 WIB
Transformasikan Koperasi Konvensional ke Syari'ah, Pemko Padang Panjang Gandeng STES Manna Wa Salwa Wali Kota Padang Panjang Fadli Amran didampingi Kadis Koperasi dan UKM, Ketua STES Manna Wa Salwa Zakaria Azis, memaparkan hasil evaluasi pendampingan koperasi Konvensional menuju Koperasi Syari'ah, Jum'at (25/10).

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kota Padang Panjang menggandeng STES (Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah) Manna Wa Salwa untuk melakulan pendampingan Pendampingan transformasi Koperasi Konvensional ke Koperasi berprinsip Syariah.

"Dari 47 koperasi yang ada di kota Padang  Panjang ditartrgetkan dalam 4 tahun kedepan semuanya sudah bertransformasi menjadi koperasi syariah," ujar kepala dinas Koperasi dan Perdagangan kota Padang Panjang," Arpan SH saat pemaparan hasil evaluasi pendampingan yang dilakukan STES Manna wa Salwa di hadapan Wali Kota Fadli Amran, Jum'at (25/10).

Kegiatan pendampingan tersebut dilakukan sesuai dengan visi dan misi Wali Kota Padang Panjang H. Fadli Amran, untuk menjadikan koperasi-koperasi yang ada di Kota serambi Mekkah  untuk menjadi koperasi berprinsip syariah. "

Kota Padang Panjang merupakan pelopor penggerak Koperasi berbasis Syari' ah di Sumatera Barat. Untuk mewujudkannya, pemko setempat terus membangun komitmen melalui berbagai kebijakan strategis. "Pemerintah Kota Padang  Panjang akan memberikan stimulus kepada koperasi yang sdh berprinsip syariah," ujar Arpan. 

Menurut Arpan,SH transformasi pemindahan perilaku dari koperasi konvensional menjadi koperasi syariah merupakan pola yang bagus untuk pengembangan koperasi syariah ke depannya. “Kami ingin koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah ini lebih diperbanyak lagi Kota Padang Panjang," ucapnya. 

Sementara itu dari hasil pendampingan yang di lakukan oleh tim STES yang di sampaikan  Zakaria Azis, M.Pd selaku Ketua STES terungkap, dari 20 koperasi yang dilakukan pendampingan selama 8 bulan maka semua koperasi yang di dampingi tersebut sudah siap untuk menjadi koperasi yang berprinsip syariah.  "Hanya persoalan kecil saja yang tinggal seperti perubahan AD/ART dan melengkapi struktur dewan pengawas syariahnya saja," terang Zakaria. (h/ndi)

 

Reporter : Wandi Malin /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]