Hati-hati Main Tiktok, Kabarnya Disusupi ISIS


Sabtu, 26 Oktober 2019 - 18:25:55 WIB
Hati-hati Main Tiktok, Kabarnya Disusupi ISIS Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Aplikasi asal China TikTok kini sedang melonjak popularitasnya. Namun ternyata, Anda harus hati-hati.

Pasalnya TikTok diduga disusupi ISIS. Bahkan ISIS, dikatakan menyebar propaganda lewat aplikasi ini.

ISIS berusaha menggunakan format TikTok untuk membuat diri mereka lebih menarik. Agen intelijen media sosial Storyful mengidentifikasi ada dua lusin akun yang telah menyebarkan berita propaganda ISIS melalui TikTok.


Akun-akun ini memosting video yang memperlihatkan mayat, orang-orang menyanyikan lagu ISIS dan wanita yang menegaskan sikap mendukung apa yang dilakukan ISIS.

"Ini mengerikan untuk aplikasi," tulis The Next Web mengutip Wall Street Journal sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (26/10/2019).

Akun-akun ISIS sebagian besar menargetkan anak muda dan wanita. Biasanya akun ISIS menggunakan kuda berlari atau pria muda untuk menarik perhatian.

Mengenai hal ini, TikTok-pun dikabarkan sudah melakukan sejumlah cara untuk membendung hal ini. Bahkan, aplikasi ini menghapus sejumlah akun yang dikategorikan bertentangan dengan aturan perusahaan.

"Organisasi teroris dan organisasi kriminal lainnya dilarang keras menggunakan TikTok. Jangan gunakan TikTok untuk mempromosikan dan mendukung organisasi atau individu ini," tulis TikTok.

TikTok merupakan aplikasi buatan perusahaan Byte Dance. Di sejumlah negara, seperti India, TikTok sempat dilarang karena dianggap tidak sesuai dengan budaya lokal. (h/cnbc)


 Sumber : CNBC /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM