Penting !! Ini Panduan Cara Gunakan Computer Assisted Test saat Ujian CPNS 2019


Ahad, 27 Oktober 2019 - 11:26:50 WIB
Penting !! Ini Panduan Cara Gunakan Computer Assisted Test saat Ujian CPNS 2019 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Kepegawaian Negara atau BKN memastikan seleksi pendaftaran calon pegawai negeri sipil alias CPNS 2019 mulai dibuka pada pekan keempat Oktober hingga November. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara, Mohammad Ridwan, mengatakan bahwa tes CPNS nantinya akan berbasis computer assisted test atau CAT.

Secara umum, aplikasi CAT terdiri atas daftar soal dan pilihan jawaban, navigasi nomor soal, serta indikator waktu. Soal berada pada posisi sebelah kanan layar sementara navigasi nomor soal berada pada sisi kiri layar. Aplikasi CAT yang digunakan 2017 sudah memiliki banyak perubahan baik dalam hal fitur maupun tingkat keamanan. 

Salah satu fitur keamanan diantaranya dengan penggunaan PIN register dan PIN sesi. PIN register diperoleh peserta saat melakukan check in atau daftar ulang saat sebelum memasuki ruang tes, sementara PIN sesi merupakan kode yang harus dimasukkan saat akan log in ke aplikasi CAT. PIN register berfungsi untuk memastikan bahwa calon peserta tes yang hadir adalah benar-benar merupakan peserta yang eligible sesuai dengan data yang dimiliki panitia saat proses pendaftaran. 

Sementara PIN sesi merupakan kode unik yang diberikan kepada setiap peserta untuk dapat login kedalam aplikasi CAT. PIN sesi akan selalu berubah setiap sesinya sehingga dapat meminimalisir peluang penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti joki tes.

Untuk menjawab soal peserta tes cukup menggerakkan kursor dan menekan “klik” ke arah pilihan jawaban yang dianggap benar, apakah A, B, C, D, atau E, untuk kemudian klik menu “simpan dan lanjutkan”. Jika sudah memilih dan mengetuk jawaban namun belum mengklik menu “simpan dan lanjutkan” maka jawaban tidak akan tersimpan sehingga pengetahuan teknis ini wajib diperhatikan oleh peserta tes jangan sampai jawaban yang telah dihasilkan tidak tidak terekam oleh sistem sehingga tidak akan memperoleh skor.

Pada bagian atas layar, terdapat menu yang menunjukkan nomor ujian peserta, nama peserta ujian, batas waktu pengerjaan soal, jumlah soal, jumlah soal yang sudah dijawab, jumlah soal yang belum dijawab, serta sisa waktu yang masih tersedia.

Pada aplikasi CAT, peserta tes juga dapat melakukan pengecekan ulang terhadap jawaban yang telah disimpan, terlebih jika ingin mengubah jawaban. Caranya dengan mengetuk nomor soal yang ingin diubah jawabannya pada menu navigasi nomor soal, kemudian klik pada jawaban baru yang dianggap sebagai pengganti dari jawaban yang lama.

Pilihan jawaban yang baru secara otomatis akan menggantikan jawaban yang lama dengan catatan telah diketuk “simpan dan lanjutkan” karena meskipun pilihan jawaban sudah diganti, tidak mengetuk “simpan dan lanjutkan” maka perubahan yang dilakukan tidak akan tersimpan oleh sistem. 

Jika peserta tes telah selesai menjawab semua soal dan merasa yakin meskipun waktu masih tersedia, maka dapat mengetuk “selesai ujian” yang nantinya akan langsung muncul skor. Aplikasi akan menutup secara otomatis jika waktu yang tersedia telah habis dan langsung ditampilkan skor yang telah dihasilkan oleh peserta tes.(h/tmp)

 Sumber : Tempo /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]