Banjir Talago Gunung Rusak 3 Rumah dan Masjid, 19 Ternak Hanyut


Ahad, 27 Oktober 2019 - 13:58:45 WIB
Banjir Talago Gunung Rusak 3 Rumah dan Masjid, 19 Ternak Hanyut Salah satu rumah di Talago Gunung yang tersapu banjir, terlihat tumpukan material yang terseret air bah batang Malakutan. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang menguuyur Kota Sawahlunto sepanjang malam, Sabtu 26 Oktober hingga Minggu dini hari 27 Oktober 2019, mengakibatkan air batang Malakutan yang melintasi Desa Talago Gunung Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto meluap. Setidaknya tiga rumah dan satu Masjid terendam air bah yang membawa material lumpur.

Kepala Desa Talago Gunung, Alfi Saputra mengatakan, banjir bandang meluap diketahui sejak pukul 11.00 malam dan surut sekira pukul 01.30 WIB.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun ada ternak warga.yang ikur terseret air bah, yakni 14 ekor sapi, 9 diantaranya ditemukan selamat, 2 ekor mati dan sisanya dalam pencarian. Diperkirakan sementara kerugian mencapai Rp140 juta," kata Alfi didampingi salah seorang warga, Zulfahmi.

Dia mengatakan, banjir batang Malakutan ini juga menyebabkan tanaman padi dan cabe gagal panen. Menurutnya diperkirakan 10 hektar lebih sawah yang rusak.

Sementara untuk penanganan, warga dibantu puluhan personil TNI, Polri dan BPBD Kota Sawahlunto melakukan pembersihan material yang dibawa banjir. Pihaknya lanjut Alfi, juga sesuai arahan dari Wawako dan Kepala BPBD Sawahlunto saat meninjau lokasimelayangkan surat pernyataan bencana kepada Pemerintah Kota dan memasukan kerusakan fisik dalam rancangan kegiatan pada 2020.(h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]