DJP Bukittinggi MoU dengan Pasbar


Ahad, 27 Oktober 2019 - 15:40:38 WIB
DJP Bukittinggi MoU dengan Pasbar FOTO BERSASMA - Bupati Pasbar Yulianto foto bersama dengan tim DJP Bukittinggi sesaat setelah penandatanganan nota kesepahaman. OSNIWATI

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Untuk mengoptimalkan pendapatan pajak, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat bekerja sama dengan Direktorat Pajak (DJP) Kementerian Keuangan RI.

Selain bekerja sama dengan DJP, Pemkab Pasbar juga bekerja sama dengan BPN. Untuk persoalan tanah. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut di Auditorium kantor bupati setempat pada beberapa waktu lalu.

Bupati Pasbar Yulianto menyampaikan bahwa persoalan tanah di Kabupaten Pasaman Barat saat ini cukup rumit dan pemerintah menjadi sasaran dari persoalan tanah adat atau tanah Ulayat. Apalagi, saat ini persoalan tanah Ulayat tersebut berada di perkebunan kepala sawit.

"Memang dirasakan beberapa persoalan pertanahan di Pasbar. Bak benang kusut yang sudah basah," papar Yulianto.

Sementara itu, persoalan pajak apalagi pajak yang langsung ke pemerintah pusat Pemda Pasbar banyak yang tidak tahu, seperti pajak perkebunan kelapa sawit.

"Dengan adanya kerjasama ini, persoalan tanah dan persoalan pajak bisa selesai sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat," kata Yulianto.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumbar Saiful menyampaikan bawah kerjasama ini merupakan lanjutan dari kerjasama dengan Provinsi Sumbar.

"MoU yang akan kita tandatangani ini merupakan lanjutan setelah provinsi.

Maka hari ini kita laksanakan MoU ini berkaitan dengan percepatan pendaftaran tanah aset daerah begitu juga dengan tanah Ulayat. Kami memiliki target 2020 aset tersebut sudah bersertifikat. Kalau soal tanah Ulayat selama ini masih terkendala," paparnya.

Selain itu Wakil Kepala Kantor Direktorat Jendral Pajak Bukittinggi Yon Arsal menyampaikan bahwa kerjasama tersebut sangat penting artinya, karena bisa dilihat potensi-potensi pajak serta memetakan pajak yang langsung ke pusat atau di daerah.

"MoU ini sangat penting bagi kami untuk melihat potensi pajak pusat yang ada di Pasbar, pada akhirnya kembali ke masyarakat Pasbar," urai Yon Arsal. (h/ows)

 

Reporter : Osniwati /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 17:30:54 WIB

    DJP Sumbar dan Jambi Imbau UMKM Taat Pajak

    DJP Sumbar dan Jambi Imbau UMKM Taat Pajak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Sumbar dan Jambi, mencatatkan penerimaan pajak sebesar Rp3,87 triliun hingga awal Desember 2019 dari target Rp5,8 triliun di Sumbar. Sementara di Sumbar dan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]