Demokratis, Nauval Muhammad Habib Resmi Pimpin OSIM MTsN 2 Solok


Ahad, 27 Oktober 2019 - 17:34:00 WIB
Demokratis, Nauval Muhammad Habib Resmi Pimpin OSIM MTsN 2 Solok Kepala MTsN 2 Solok Marta Rinalson saat ikut memberikan hak suaranya pada pemilu OSIM yang digelar di lapangan Madrasah setempat, Sabtu (26/10). WANDI MALIN

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Nauval Muhammad Habib Siswa kelas VIII D Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Solok berhasil terpilih menjadi ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTsN 2 Solok periode 2020-2021.

Mengusung Program utama Disiplin Siswa, Putra Galagah Tanah Kuniang nagari Muara Panas kec. Bukit Sundi tersebut terpilih, setelah berhasil mengantongi suara terbanyak dari proses Pemilu OSIM yang berlangsung sangat demoktratis di lapangan upacara madrasah tersebut, Sabtu (26/10).

“Alhamdulillah, Dia (Nauval) terpilih setelah meraup suara mayoritas sebanyak 418 suara dari para majelis guru dan siswa di madrasah ini,” kata kepala MTsN 2 Solok Marta Rinalson, S.Ag MM, didampini waka kesiswaan Katmin dan Pembina OSIM Adi Wiratman dan Rawalu Maili.

Marta yang juga ikut memberikan hak suaranya pada Pemilu siswa tersebut mengungkapkan, sebelum pemungutan suara yang dilakukan hari ini, telah dijalani serangkaian proses mulai dari penjaringan bakal calon, pendaftaran dan seleksi bakal calon. Setelah ditetapkan tiga calon terlilih, maka panitia memeberikan kesempatan kampanye masing-masing calon pada Rabu (23/10).

Sementara pada puncaknya, sesaat jelang pelaksanaan pemungutan suara, kemampuan ketiga kandidat masing-masing Nauval Muhammad Habib kelas VIII D dengan nomor urut 1. Magribi Miftahul Rahmat kelas VIII B dengan nomor urut 2 serta Resty Azizatul Zahra kelas VIII E dengan nomor urut 3 diuji dalam debat kandidat yang dipandu oleh guru Pembina OSIM.

Debat yang dilakukan secara terbuka di lapangan madrasah tersebut, memancing animo warga madrasah dan para orang tua siswa yang hari itu hadir bersamaan dalam pengambilan rapor hasil ujian tengah semester siswa. Para kandidat beruji tajam dalam memaparkan sejumlah program andalan, jika dipercaya memimpin organisasi siswa yang mewadahi 815 siswa di madrasah tersebut. 

“Pemilu OSIM memang disengaja menyerupai Pemilu di negeri ini. Ini adalah bentuk pengenalan demokrasi bagi siswa MTsN 2 Solok sejak dini,” kata Rinalson.

Tersebab itu, ia berharap kepada seluruh warga madrasah terutama siswa untuk memberikan hak pilihnya dalam kesempatan ini. Dia menekankan siapapun yang terpilih adalah kemenangan bersama dan yang lain didorong untuk tetap mendukung. Kepada pembina OSIM, dipesankan agar setelah terpilih Ketua Umum nantinya, diminta untuk segera menyusun pengurus dan kelengkapan organisasi.  “Ketua terpilih nantinya segera menyusun Pengurus dan Program bersama Pembina sebelum dilantik pada 25 November 2019 nanti,”  kata Marta Rinalson.

Sementara itu ketua OSIM MTsN 2 Solok terpilih Nauval  Muhammad Habib menyampaikan rasa harunya atas amanah yang telah ditumpangkan kepadanya untuk memimpin organisasi itu 1 tahun kedepan. Dirinya siap untuk menjalin komunikasi intensif dengan pengurus dan Pembina OSIM dalam menyusun program organisasi. “Sebagai bentuk komitmen saya dalam penegakan disiplin dan peraturan Madrasah. Saya siap mundur sebagai ketua OSIM jika nanti terbukti melanggar aturan,” tegasnya. (h/ndi)

Reporter : Wandi Malin /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]