Kunjungi Papua Barat, Ini Janji Jokowi di Hadapan Masyarakat


Ahad, 27 Oktober 2019 - 19:18:45 WIB
Kunjungi Papua Barat, Ini Janji Jokowi di Hadapan Masyarakat Presiden Joko Widodo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan pembangunan jalan aspal antara Manokwari dengan Pegunungan Arfak. Janji Jokowi ini disampaikan saat bertemu masyarakat di lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Ahad (27/10).
Di tempat tersebut Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa. Presiden Jokowi mengaku senang dan terharu bisa menyambangi Kabupaten Arfak untuk pertama kalinya dan bertemu langsung dengan warga setempat. 
"Tadi sudah disampaikan oleh Pak Bupati, Pak Gubernur, mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak yang tadi Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Maka kita segera selesaikan," kata Presiden.
Akses jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari tersebut, menurut Presiden, akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang terutama produk-produk pertanian. Para petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian seperti wortel, kol, dan kentang ke Manokwari.
"Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari," kata dia.
Presiden Jokowi berharap pembangunan jalan tersebut juga bisa mendongkrak pariwisata di daerah Pegunungan Arfak agar berkembang dengan lebih pesat. Menurut Presiden, Pegunungan Arfak memiliki potensi pariwisata yang indah seperti dua danau, yakni Anggi Giji dan Anggi Gida.
"Juga pariwisata agar orang bisa berdatangan berbondong-bondong dari Manokwari dan dari provinsi lain dari seluruh Tanah Air melihat keindahan Danau Anggi yang ada di Pegunungan Arfak. Tadi saya sudah lihat dari atas, begitu sangat indahnya danau itu," kata dia.
Selain infrastruktur jalan, Presiden juga berkomitmen untuk mengembangkan bandara dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Pegunungan Arfak. Kepala Negara menilai, bandara memiliki peran penting bagi penduduk setempat agar bisa lebih maju.
"Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan airport yang ada di sini. Sehingga semuanya terbuka, masyarakat di sini bisa pergi ke mana pun dan airport adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting bagi penduduk yang ada di sini untuk bisa lebih maju ke depan," kata dia.
Jokowi juga mengaku sudah mencatat seluruh permintaan Bupati Pegunungan Arfak mengenai pembangunan rumah sakit, puskemas, dan penambahan pasar. Presiden berjanji akan memenuhinya dalam periode tiga tahun mendatang. 
Dari lapangan bola Irai, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian meninjau Pasar Irai. Kedatangan keduanya disambut meriah warga dan penjual. Presiden dan  Iriana juga berkeliling pasar untuk melihat beragam komoditas pertanian yang dijual sambil berinteraksi dengan para penjual.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 April 2020 - 18:21:39 WIB

    Heboh! Baliho Larangan Kunjungi Istri Muda di Pasuruan Akhirnya Diturunkan

    Heboh! Baliho Larangan Kunjungi Istri Muda di Pasuruan Akhirnya Diturunkan PASURUAN, HARIANHALUAN.COM - Baliho larangan orang asing mengunjungi istri muda masuk desa sebagai pencegahan penyebaran virus Corona ini heboh di media sosial. Kini, baliho tersebut sudah diturunkan..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 17:03:12 WIB

    Jemput Aspirasi, Komite 4 DPD RI Kunjungi Pemprov Sumbar

    Jemput Aspirasi, Komite 4 DPD RI Kunjungi Pemprov Sumbar PADANG,HARIANHALUAN.COM-Komite 4 Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Barat.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 15:55:09 WIB

    Apa Yang Dibahas..? Prabowo Kunjungi Mabes TNI

    Apa Yang Dibahas..? Prabowo Kunjungi Mabes TNI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, telah melakukan sejumlah kegiatan yaitu menerima Duta Besar China hingga mengunjungi Mabes TNI. Apa yang dibahas?.
  • Selasa, 03 Oktober 2017 - 19:32:55 WIB
    Peresmian Tol Padang - Pekanbaru

    Presiden Jokowi Kembali Kunjungi Sumbar

    Presiden Jokowi Kembali Kunjungi Sumbar Jokowi akan meletakkan batu pertama pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru yang akan dimulai dari Sicincin – Bukittinggi pada awal 2018. “Selain meletakkan batu pertama pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru, Joko.
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 02:50:37 WIB

    Kunjungi Samosir Sumut, Jokowi Janjikan Perbaikan Dermaga

    Kunjungi Samosir Sumut, Jokowi Janjikan Perbaikan Dermaga SAMOSIR, HALUAN—Presiden Joko Widodo (Jo­kowi) menjanjikan tambahan satu kapal feri dan perbaikan dermaga paling lambat akhir 2016 untuk menunjang sek­tor pariwisata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]