Makan Es Krim Bikin Gemuk dan Batuk? Ini Kata Ahli Gizi


Ahad, 27 Oktober 2019 - 19:26:35 WIB
Makan Es Krim Bikin Gemuk dan Batuk? Ini Kata Ahli Gizi Ilustrasi

KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Es krim sering disebut bikin gemuk dan picu batuk. Banyak orang pun menghindari konsumsinya. Benarkah hal ini?

Di balik teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis enak, es krim kerap 'disalahkan' sebagai makanan yang bikin gemuk. Hal ini terkait kandungan susu, gula, dan krim yang jadi bahan utama pembuatan es krim.

Dr Tan Shot Yen selaku ahli gizi mengatakan, kalau mau makan es krim sebaiknya jangan versi susu. Ia lebih menyarankan es krim tanpa susu seperti sorbet yang berbahan buah.
"'Es krim' sehat bisa loh bikin sendiri. Jaman dulu namanya es mambo," sebut Dr Tan soal alternatif es krim yang lebih sehat. Menurutnya es mambo bisa dibuat dari bubur kacang hijau, rujak buah, dan bahkan bubur kacang merah.

Untuk kaitan makan es krim sebabkan batuk, Dr Tan mengatakan, "Beberapa orang memang batuk pada saat minum atau makan dingin, karena dingin itu bikin "bronchospasm", saluran napas menyempit, menyebabkan refleks batuk," jelas wanita ramah ini.
Apalagi jika es krim yang dimakan mengandung susu. "Biasanya meningkatkan pembentukan lendir atau mukus," lanjutnya.

Namun es krim juga punya manfaat yang sering dianjurkan dokter untuk dikonsumsi mereka yang habis operasi gigi atau amandel. Dr Tan mengatakan, "Makan es krim itu bisa bikin pembuluh darah mengerut. Jadi perdarahannya berhenti. Sama kayak (prinsip) mimisan di negeri Barat kan (diatasi) pakai es batu."
Untuk konsumsi es krim, ia juga mengingatkan sebaiknya tidak makan es krim yang sudah dibekukan kembali. "Ada risiko kontaminasi bakteri, sama kayak daging yang sudah dicairkan itu jangan dibekukan lagi," pungkasnya.(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 22:05:11 WIB

    Keren..! Karhutla di Australia, Hijabers Memasak dan Mengantarkan Makan untuk Tim Pemadam 

    Keren..!  Karhutla di Australia, Hijabers Memasak dan Mengantarkan Makan untuk Tim Pemadam  LINGKUNGAN,HARIANHALUAN.COM-Kelompok wanita berhijab yang berasal dari Newport, Victoria, pinggiran kota Melbourne, Australia ini mengumpulkan lima truk penuh sumbangan warga untuk korban kebakaran Australia. Mereka juga berh.
  • Sabtu, 23 November 2019 - 15:52:04 WIB

    Dewi Hughes Hanya Makan "Real Food", Apa Sih Itu?

    Dewi Hughes Hanya Makan KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Bikin pangling, Dewi Hughes kini tampil langsing dan sehat berkat diet hipnoterapi yang ia jalankan. Ia berhasil menurunkan bobot sebanyak 90 kg dengan melakukan diet hipnoterapi pada dirinya sen.
  • Selasa, 19 November 2019 - 08:57:07 WIB

    Makan Mi Instan Pakai Nasi? Boleh Kok, Asal...

    Makan Mi Instan Pakai Nasi? Boleh Kok, Asal... KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Dengan berbagai varian rasa baik kuah maupun goreng, mi instan merupakan kelezatan yang hakiki. Pernah terpikir untuk menyantapnya dengan nasi putih?.
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 18:54:16 WIB

    Benarkah Penyandang Diabetes Tak Boleh Makan Manis?

    Benarkah Penyandang Diabetes Tak Boleh Makan Manis? KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Diabetes hingga kini menjadi salah satu penyakit yang menimpa banyak orang. Penyakit ini seringkali dikaitkan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan manis seperti gula. Sehingga, muncul banyak ang.
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 19:43:09 WIB

    Khusus Pria..! 3 Jenis Makanan Ini Dapat Merusak Kualitas Kelelakian Anda

    Khusus Pria..! 3 Jenis Makanan Ini Dapat Merusak Kualitas Kelelakian Anda KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Dalam kehamilan, tidak hanya kesuburan pasangan wanita saja yang diperhitungkan. Tetapi juga kualitas spermanya. Kualitas sperma dapat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Oleh karena itu,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]