Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik


Senin, 28 Oktober 2019 - 07:40:58 WIB
Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik Ilustrasi

TOKYO, HARIANHALUAN.COM - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap memproduksi mobil listrik (Battery Eectric Vehicle) di pabrik Karawang, Jawa Barat. Meskipun demikian, TMMIN belum bisa memastikan jenis mobil listrik yang akan diproduksi.

"Itu (mobil listrik) tren dunia. Kalau tidak ikut, kita tidak bisa ekspor," kata Presdir TMMIN Warih Andang Tjahjono di sela-sela Tokyo Motor Show yang berlangsung pada 24 Oktober sampai 4 November di Odaiba, Jepang.

Ia mengaku untuk produksi mobil listrik harus mengubah line produksi, mengingat banyak komponen, terutama powertrain yang berubah. "Kita 60 persen harus berubah, terutama karena ada baterainya, powertrain berubah," kata Warih.

Untuk itu, menurut Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam pihaknya akan melatih para pekerja untuk memproduksi mobil listrik. "Jadi nanti ada keahlian khusus untuk produksi mobil listrik, karena beda dengan mobil ICE (internal combustion engine)," kata Bob.

Ia menegaskan TMMIN akan ikut pada program pemerintah yang menargetkan pada 2025 sebanyak 20 persen mobil yang diproduksi di Indonesia adalah mobil listrik. "Kami akan ikut," ujar Bob. Namun jumlah produksinya berapa, pihaknya belum bisa memastikan.

Sampai saat ini Toyota Indonesia masih berjuang agar mobil hibrid yang menjadi andalan Toyota bisa diproduksi di Indonesia sebagai jembatan menuju mobil "full" listrik (BEV). Mobil hibrid dinilai lebih siap menuju mobil terelektrifikasi, karena selain menggunakan mesin penggerak listrik (baterai) juga masih menggunakan bensin.(*)
 

 Sumber : Republika /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 10:31:40 WIB

    Yah..! Toyota Bakal Stop Penjualan 7 Model Mobil Ini

    Yah..! Toyota Bakal Stop Penjualan 7 Model Mobil Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Polusi udara yang semakin buruk di India, membuat pemerintahnya memutuskan untuk menerapkan aturan baru soal ambang batas emisi kendaraan bermotor..
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 21:07:54 WIB

    331.797 Unit Kendaraan Toyota Terjual pada 2019

    331.797 Unit Kendaraan Toyota Terjual pada 2019 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer sebanyak 331.797 unit dan meraup pangsa pasar 32,2% di Indonesia pada 2019..
  • Ahad, 23 Juli 2017 - 22:17:18 WIB

    Support Produk Toyota, ACC Padang Hadirkan 500 Customer 

    Support Produk Toyota, ACC Padang Hadirkan 500 Customer  PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai perusahaan pembiayaan pembelian yang bekerja sama dengan dealer-dealer ternama di Indonesia khusus semua produk Astra baik bekas maupun baru, Astra Credit Companies (ACC) berkomitmen memberi.
  • Kamis, 15 September 2016 - 21:09:13 WIB

    Editor Haluan Raih Juara Lomba Tulis Toyota Intercom

    Editor Haluan Raih Juara Lomba Tulis Toyota Intercom Editor Harian Haluan Bhenz Maharajo berhasil meraih penghargaan dalam Lomba Menulis Reportase Bengkel Toyota Intercom 2016..
  • Rabu, 07 September 2016 - 05:37:33 WIB

    Toyota Intercom, Rumah Teduh Bagi Customer

    Toyota Intercom, Rumah Teduh Bagi Customer Ibarat rumah, Toyota Intercom merupakan tempat teduh bagi customernya. Nyaris tanpa sekat. Mereka, para customer dan karyawan disatukan lewat satu kata: Keluarga..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]