74 TAHUN KELISTRIKAN NASIONAL

Nagari Sudah 100% Berlistrik, Sumbar Terang Benderang


Senin, 28 Oktober 2019 - 11:32:21 WIB
Nagari Sudah 100% Berlistrik, Sumbar Terang Benderang Wawancara Reporter HaluanTV (Haluan Media Group), Asha Septiani dengan General Manager PLN Wilayah Sumbar, Bambang Dwiyanto di ruang kerja GM PLN. Ist

Hari Listrik Nasional (HLN) tahun ini menjadi prestasi tersendiri bagi jajaran PLN UIW Sumatera Barat, karena Ranah Minang telah terang benderang.  Benarkan? Berikut kutipan wawancara Reporter HaluanTV (Haluan Media Group), Asha Septiani dengan General Manager PLN Wilayah Sumbar, Bambang Dwiyanto di ruang kerjanya, kemarin.


Seiring waktu berjalan, Alhamdulillah pelayanan listrik semakin maju dirasakan masyarakat. Pemadaman bergilir pun nyaris tak terdengar. Apakah listrik Sumbar sudah aman betul nih sekarang?

Terima kasih. Seiring berjalannya waktu, kami PLN senantiasa selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan kami, khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Di sisi lain kami juga selalu mengupayakan adanya peningkatan kualitas pelayanan kami dengan seluruh effort maksimal kami guna memberikan rasa nyaman dalam menggunakan listrik yang seperti kita ketahui adalah kebutuhan primer di era modern seperti sekarang ini.

Sebagai informasi, Kapasitas daya tersambung PLN meningkat rata-rata 5.59% per tahun, dari 1,352 MVA pada tahun 2013 menjadi 1,775 MVA pada tahun 2017. Realisasi sampai dengan TW III 2018 adalah 1,863 MVA. Sementara untuk perkiraan cadangan daya di Sumatera Barat sendiri di akhir tahun 2019 ini berada di angka 128,9 MW dengan reserve margin 25,21%. 

Jadi, sekarang energi listrik Sumbar cukup dan berlebih. Makanya, kami sangat mendukung pertumbuhan investasi di Sumbar. Silahkan pengusaha/investor, bangun sebanyak-banyak hotel, industri, PLN siap sediakan listriknya.

General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto

Wah. Kabar gembiran bagi dunia investasi. Tak hanya listrik untuk masyarakat yang cukup, untuk investasi pun terjamin. Artinya Sumbar sudah terang benderang ya Pak GM?

Benar. Secara keseluruhan Sumbar kini sudah terlistriki. Seluruh  desa/nagari  sudah berlistrik. Sumbar terang sendiri merupakan salah satu dari 3 sasaran strategis yang hendak dicapai oleh PLN dalam rangka menjawab tantangan sektor ketenagalistrikan. 

Sumbar terang sendiri merupakan sasaran yang hendak kita capai dengan strategi penguatan jaringan distribusi 20 kV kami. Dengan strategi ini kami mengupayakan agar pasokan listrik kita ke pelanggan lebih handal. Sehingga adanya listrik padam dapat diminimalisir.
 
Bagaimana dengan potret produksi energi listrik di Sumbar sekarang? Berapa energi tersedia, berapa pula yang dibutuhkan sekarang?

Baik, untuk keadaan kelistrikan saat ini dapat kami sampaikan bahwa Kapasitas Daya mampu sebesar 641.02 MW.  Ketersediaan daya ini tanpa transfer dari pembangkit-pembangkit yang berada di wilayah selatan Sumatera.

Di sisi lain, beban puncak pemakaian tenaga listrik di Wilayah Sumatera Barat ini berada di angka 602,7 MW, sehingga kita masih memiliki cadangan sekitar 38,32 MW dengan Reserve Margin sebesar 6,36 %. 

Dengan kata lain, daya mampu pembangkit sudah melebihi beban puncak Sumatera Barat, selain itu tahun 2019 akhir ini akan beroperasi PLTP di Muaralabuh sebesar 80 MW, sehingga cadangan listrik di Sumatera Barat cukup melimpah.  

Untuk cakupan pelayanan (ratio elektrifikasi) sendiri wilayah Sumatera Barat?

Cakupan wilayah distribusi tenaga listrik dari PLN Sumbar meliputi provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan. Untuk rasio eletrifikasi total sendiri, tahun ini sudah mencapai 96,27 % sedangkan rasio desa berlistrik sudah diangka 98,88%. Angka ini cenderung meningkat seiring upaya kami melistriki seluruh pelosok negeri ini yang terus berlangsung dari waktu ke waktu.

Berarti wilayah-wilayah tertentu masih ada yang belum terlayani. Apa masalah yang ditemui PLN di lapangan?

Kami PLN selalu berusaha memberikan layanan tenaga listrik ke seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia di manapun berada. Namun upaya kami juga membutuhkan sinergi dari bebagai pihak untuk menjangkau daerah-daerah yang masih dalam kategori 3T atau Tertinggal, Terdepan dan Terluar.

Dalam konteks fisik pembangunan jaringan distribusi kami datang seiring dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum yang memungkinkan kami untuk mendistribusikan item-item pembangunan jaringan listrik ke suatu daerah. 

Dari sisi sosial, kami selalu berusaha berdiskusi dan mengupayakan solusi yang terbaik dengan para pemangku kepentingan terkait pembangunan infrastruktur kami di daerah tersebut.

Sebagai General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat, Bagaimana strategi Anda untuk mewujudkan daerah-daerah 0,0 sekial persen yang belum berlistrik bisa berlistrik untuk mewujudkan Sumbar Terang 100%?

Dalam hal ini kami sudah melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan di berbagai daerah, termasuk di dalamnya ada Pemprov, Pemkab/Pemko, Wali Nagari hingga Kerapatan Adat Nagari setempat guna mengakomodir kebutuhan kami untuk menyalurkan listrik kepada masyarakat di daerah yang belum berlistrik tersebut.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa PLN sangat membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, tak terkecuali kepada rekan-rekan media untuk mempublikasikan dan mendorong opini publik sehingga memunculkan respon masyarakat yang positif terhadap keinginan kami untuk melayani seluruh masyarakat indonesia tanpa terkecuali.

Sehubungan Hari Listrik Nasional ke-74, apa pesan-kesan PLN dan apa pula Program PLN dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat?

Pada peringatan Hari Listrik Nasional yang ke-74 ini PLN mengusung tema Bersama SDM Unggul, Terangi Indonesia yang mana tema ini sejalan dengan tema peringatan kemerdekaan Indonesia yang mengusung Tema SDM Unggul, Indonesia Maju.

PLN Memegang peranan penting dalam menyampaikan pesan dan semangat “Bersama SDM unggul terangi Indonesia”, karena dipilih sebagai landasan dan konsep kuat di tahun ini. Semangat energi optimisme dan semangat energi terbaharukan, menjadi salah satu pesan kuat PLN dalam menjawab tantangan global yang kini datang. 

Hari Listrik Nasional ke 74 diharapkan dapat sebagai rangkuman kinerja di tahun 2019 dan visi PLN di tahun mendatang. Membawa semangat perubahan, serta selalu berusaha memberikan pelayanan terbaiknya kepada Masyarakat Indonesia dan Bangsa.***


Reporter : Asha Septiani /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM