Digagas Sandiaga Uno, Bank Infaq Sosialisasi Akbar di Sumbar


Senin, 28 Oktober 2019 - 11:53:08 WIB
Digagas Sandiaga Uno, Bank Infaq Sosialisasi Akbar di Sumbar Bank Infaq gelar sosialisasi akbar di Masjid Nurul Iman, Kota Padang, Sabtu (26/10). Arie

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Gerakan wakaf yang didirikan oleh Sandiaga Uno, Bank Infaq, gelar sosialisasi akbar di Sumbar. Sosialisasi yang diikuti oleh ratusan jemaah dari berbagai majelis taklim itu digelar di Masjid Nurul Iman, Padang, Sabtu (26/10).

"Alhamdulillah, sosialisasinya berjalan lancar diikuti jemaah dari berbagai daerah di Sumbar seperti Padang, Lubuk Alung, Sawahlunto, Bukittinggi, dan seterusnya. Bertindak sebagai narasumber Wakil Ketua Dewan Pembina Bank Infaq Reza Artha," ujar Panitia Kegiatan, Rizki Ikhwan, Senin (28/10).

Dikatakan Rizki, sosialisasi Bank Infaq disambut antusias oleh jemaah dan banyak di antara mereka yang ingin mendirikan Bank Infaq itu sendiri. "Karena pemaparan dari Pak Reza sangat baik dimana menjelaskan Bank Infaq sebagai konsep lembaga keuangan untuk usaha mikro dan ultra mikro berbasis masjid yang bertujuan untuk mengentaskan riba," tuturnya.

Sementara Ketua Bank Infaq Sumbar, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) menyampaikan Bank Infaq merupakan suatu gerakan yaitu gerakan ekonomi, sosial, dan spritual, yang bertujuan untuk membangun ekonomi umat. "Bank Infaq merupakan suatu gerakan, dimana kalau ingin menjadi pengurus atau pendiri, berniatlah untuk beramal shaleh dan membantu sesama," ujarnya.

Dikatakan RKN, Bank Infaq menggerakkan masyarakat untuk dekat ke masjid dan mewajibkan anggota untuk ikut kegiatan taklim pekanan. "Kami menyasar kalangan ekonomi mikro dan ultra mikro yang banyak diantara mereka jauh dari agama. Kami menyasar mereka yang selama ini tidak bisa beribadah karena harus bekerja sepenuh waktu disebabkan jeratan hutang yang tak kunjung lunas," tuturnya.

Bank Infaq bakal masuk ke lapisan masyarakat yang paling bawah untuk menggerakkan budaya ekonomi anti riba. "Kami bakal lawan dan berhadap-hadapan dengan rentenir, atau inang-inang yang memberikan pinjaman dengan bunga super tinggi. Jadi, mari kita gerakkan budaya berinfaq sebagai solusi kemakmuran," ucap RKN.

Di sisi lain, terkait kepengurusan, RKN menjelaskan pengurus pusat sudah mengeluarkan SK pengurus Bank Infaq Sumatera Barat. "Dimana kami adalah perwakilan pusat untuk daerah yang bertugas untuk mendorong berdirinya cabang-cabang Bank Infaq di seluruh Sumatera Barat dan setelah itu melakukan pembinaan. Ayo, pelajari lagi gerakan ini," ucapnya.

Pengusaha muda asal Limapuluh Kota itu berkomitmen akan mendirikan cabang-cabang Bank Infaq percontohan dengan mensubsidi infaq awal pendirian cabang Bank Infaq. "Insya Allah untuk 4 calon cabang, yaitu dua cabang di Kota Padang dan dua cabang lagi di Kabupaten Limapuluh Kota," kata RKN. (h/mg-ari)

Reporter : Arie Alfikri /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]