BMKG: Musim Hujan di Wilayah Indonesia Mundur Hingga Desember


Senin, 28 Oktober 2019 - 13:50:40 WIB
BMKG: Musim Hujan di Wilayah Indonesia Mundur Hingga Desember ilustrasi hujan.

NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Awal musim hujan di wilayah Indonesia diperkirakan BMKG akan mundur hingga November dan Desember karena cuaca cerah masih mendominasi sebagian besar wilayah. "Musim hujan di banyak wilayah mundur satu hingga dua dasarian," kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin dalam temu media di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jakarta, Jumat (25/10).

Ia mengatakan awal musim hujan di banyak wilayah akan terjadi pada November dan Desember. Namun, hujan pada awal November diperkirakan masih rendah dan diperkirakan akan mulai signifikan pada akhir November dan Desember. Dua bulan tersebut, pertumbuhan awan hujan akan mulai signifikan, sementara potensi suhu panas juga diperkirakan tidak akan terjadi lagi.

Sementara itu, puncak musim hujan diprediksikan akan terjadi pada Januari hingga Februari dengan kondisi normal hingga di bawah normal. Awal musim hujan di beberapa wilayah seperti Sumatera Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua Barat, akan terjadi pada November hingga Desember.

"Jadi awal musim hujan di wilayah Sumatera Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua Barat, umumnya antara November hingga Desember, sehingga sampai Oktober ini kondisi cuaca umumnya diprediksikan antara cerah hingga berawan," katanya.

Kemudian, ia juga mengatakan pada awal November posisi kulminasi matahari sudah mulai menjauh dari Wilayah Jawa dan sekitarnya. Selanjutnya pertumbuhan hujan juga ia harapkan pada awal November sudah terbentuk awan sehingga bisa menyerap sinar matahari yang masuk ke permukaan bumi. (*)

 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 April 2020 - 22:20:18 WIB

    Beredar Pesan Berantai WA Soal Angin Utara Bawa Wabah Penyakit, BMKG: Hoax

    Beredar Pesan Berantai WA Soal Angin Utara Bawa Wabah Penyakit, BMKG: Hoax JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Beredar pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui Whatsapp yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit. Dalam isi pesan tersebut meminta agar masyarakat.
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 04:29:16 WIB

    BMKG: Waspada Prediksi Hujan Petir di Wilayah Jakarta

    BMKG: Waspada Prediksi Hujan Petir di Wilayah Jakarta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi terjadi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta. Kondisi ini diprakirakan terjadi malam hari di wilayah Jaka.
  • Senin, 18 November 2019 - 08:13:54 WIB

    BMKG: Isu Kekeringan Panjang 2020 Itu Hoaks

    BMKG: Isu Kekeringan Panjang 2020 Itu Hoaks JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah prediksi "Global Warming 2019-2020"  tentang kekeringan panjang dan El Nino pada 2020..
  • Sabtu, 16 November 2019 - 23:08:52 WIB

    BMKG: Gempa Maluku, Bali dan Ambon tidak Saling Berkaitan

    BMKG: Gempa Maluku, Bali dan Ambon tidak Saling Berkaitan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi yang terjadi di Laut Maluku, Bali Utara, dan Ambon tidak saling berkaitan. Rentetan gempa juga memiliki sumber berbeda ser.
  • Ahad, 22 September 2019 - 09:28:18 WIB

    Prediksi BMKG: Awal Musim Hujan Pertengahan Oktober

    Prediksi BMKG: Awal Musim Hujan Pertengahan Oktober JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Saifuddin Provinsi Jambi memprediksi bahwa wilayah Jambi akan memasuki musim hujan pada dasarian dua Oktober 2019..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]