Diduga Terjadi di Laga Kalteng Putra Kontra Persela

Sembilan Terduga Pelaku Match Fixing Dibebaskan


Senin, 28 Oktober 2019 - 14:41:11 WIB
Sembilan Terduga Pelaku Match Fixing Dibebaskan Pertandingan antara Kalteng Putra kontra Persela.

BOLA, HARIANHALUAN.COM -- Sembilan orang perangkat pertandingan Kalteng Putra vs Persela Lamongan yang ditangkap oleh Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Wilayah Polda Kalteng dan Resmob Ditreskrimun Polda Kalteng dinyatakan tidak bersalah. 

Sebelumnya, 9 orang perangkat pertandingan itu ditangkap atas tuduhan terlibat dalam praktik mafia bola pada laga pekan ke-25 Liga 1 2019 antara Kalteng Putra vs Persela Lamongan di Stadion Tuah Pahoe, Minggu (27/10). Penangkapan dan penggeledahan tersebut dilakukan pada Senin (28/10) pukul 03.00 WIB seusai pertandingan di Hotel Fovere, Palangkaraya. 

Berita tersebut dikonfirmasi oleh koordinator Save Our Soccer (SOS), Arkam Marhali. "SOS menerima kabar sembilan orang diamankan. Ini langkah Satgas Anti Mafia Bola Wilayah Polda Kalteng yang patut diapresiasi karena melakukan tindakan cepat penggeledahan dan pemeriksaan," sambung dia. 

"Semoga diikuti daerah lain sebagai tindakan preventif pengaturan skor yang menjadi salah satu penyakit di sepak bola Indonesia," tandas dia. 

Namun, pada Senin siang, pihak Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Wilayah Polda Kalteng memberikan konfirmasi bahwa 9 orang perangkat pertandingan itu ternyata tidak bersalah. Sembian 9 orang perangkat pertandingan tersebut pun dibebaskan karena satgas antimafia bola tidak menemukan bukti yang berkaitan dengan dugaan suap untuk mengatur laga Kalteng Putra vs Persela. 

Diketahui, aliran dana yang masuk ke rekening 9 orang itu tidak lain adalah honor atas kerja mereka sebagai perangkat pertandingan Kalteng Putra vs Persela. Menurut Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Hendra Rochmawan, aliran masuk ke rekening mereka adalah murni honor sebagai perangkat pertandingan.  

Ketika dikonfirmasi, Hendra Rochmawan belum bersedia berkomentar karena harus mengikuti talk show di sebuah stasiun televisi lokal. Dari 9 orang yang ditangkap dan digiring ke kantor Ditreskrimum Polda Kalteng, 6 orang di antaranya adalah perangkat pertandingan dan tiga orang lainnya merupakan manajemen klub. Kesembilan orang tersebut berinisial IPJ, MCS, KRD, DST, JRE, FAN, KFH, FAG, dan HMN. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 03 November 2019 - 09:28:40 WIB

    Porwil X Sumatera di Bengkulu, Tim Sumbar Sukses Mendulang Sembilan Medali

    Porwil X Sumatera di Bengkulu, Tim Sumbar Sukses Mendulang Sembilan Medali BENGKULU,HARIANHALUAN.COM-Pundi-pundi medali  Kontingan Sumbar di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X  2019 Sumatera di  Bengkulu, terus terisi. Belum lagi acara Porwil resmi dibuka, Tim Urang Awak telah sukses  menanjak di.
  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 16:09:03 WIB

    Hadapi Semen Padang FC, Arema FC Tanpa Sembilan Pilarnya

    Hadapi Semen Padang FC, Arema FC Tanpa Sembilan Pilarnya MALANG, HARIANHALUAN.COM -- Arema FC bakal kehilangan setidaknya sembilan pemain saat menjamu Semen Padang FC di pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019, Senin (28/10) besok..
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 09:26:57 WIB

    Sembilan Atlet Dharmasraya Perkuat Sumbar di Porwil X 2019 Bengkulu

    Sembilan Atlet Dharmasraya Perkuat Sumbar di Porwil X 2019 Bengkulu DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak sembilan atlet asal Kabupaten Dharmasraya akan mewakili Sumatera Barat dalam iven Pekan Olahraga Wilayah X 2019 se Sumatera di Provinsi Bengkulu pada 2-10 November 2019..
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 02:17:41 WIB

    Sembilan Atlet Sawahlunto Perkuat Tim PON Sumbar

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak sembilan atlet Sawahlunto dipercaya untuk memperkuat kontingen olah­raga Provinsi Sumatra Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat. Para atlet itu berasal dari empat cabang.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 11:27:02 WIB
    PIALA MENPORA U-16 REGIONAL PADANG

    Diikuti Sembilan Tim

    PADANG, HALUAN — Se­banyak sembilan tim akan me­ngikuti turnamen Piala Men­pora U-16 regional Pa­dang. Pertandingan sendiri akan dige­lar di lapangan Brandon Lapai, 27-30 Juli. Sebelumnya per­tandingan direncanakan di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]