4 November Nanti, PAN Pasaman Buka Pendaftaran Cakada


Senin, 28 Oktober 2019 - 14:46:55 WIB
4 November Nanti, PAN Pasaman Buka Pendaftaran Cakada Ketua DPD PAN Pasaman, H Muzli M Nur, S.Pd, (dua dari kiri) saat menggelar jumpa pers pengumuman pendaftaran cakada di kantor partai tersebut.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Pasaman mulai membuka pendaftaran calon kepala daerah secara gratis untuk menghadapi alek demokrasi Pilkada Kabupaten Pasaman tahun 2020 mendatang. 

Ketua DPD PAN Pasaman, Muzli M Nur mengatakan, pendaftaran terbuka untuk umum ini akan resmi dimulai pada 4-15 November 2019 mendatang di Kantor DPD PAN di Jalan Adam Malik Nomor 77, Lubuksikaping. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis.

"Ini menindaklanjuti instruksi DPP, bahwa seluruh daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2020 nanti diminta membuka pendaftaran atau penjaringan balon Bupati dan wabup Pasaman untuk diusung pada Pilkada serentak nanti," ungkap Muzli dihadapan wartawan di kantor DPD PAN, Senin (28/10).

Bagi putra putri Pasaman yang berminat untuk diusung partai itu pada perhelatan Pilkada nanti, sudah bisa mengambil formulir pendaftaran di bagian sekretariat Partai PAN tersebut, mulai tanggal 30 Oktober - 1 November 2019, pada hari kerja. "Kita sudah bentuk tim atau panitia penerimaan pendaftaraan bakal calon ini. Itu diketuai oleh saudara Yudi Alfian dan dibantu sejumlah anggota," katanya. 

Dibukanya tahapan pendaftaran ini adalah untuk mencari bakal calon kepala daerah yang bisa membangun sumber daya manusia yang hebat, terdidik dan berdaya saing, mampu meningkatkan kualitas infrastruktur, mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan nilai agama, sosial budaya serta mewujudkan masyarakat sejahtera. 

"Siapa pun bakal calon yang akan diusung oleh PAN nanti ditentukan dari hasil musyawarah yang dipimpin oleh pengurus harian," ujarnya. 

Namun, Muzli sedikit menggarisbawahi, figur yang akan diusung sebagai kandidat calon kepala daerah nanti dari partainya itu harus punya bargaining politik dengan partai lain, memiliki rekam jejak yang baik dan memiliki nilai jual. "Dan jangan lupa, masing-masing kandidat harus menyiapkan visi misi saat mendaftarkan diri ke Partai PAN," katanya. 

Untuk bisa diusung sebagai calon kepala daerah, kata Muzli, PAN tidak bisa sendiri dan harus koalisi dengan partai politik lain karena syarat minimal harus memiliki tujuh kursi di lembaga legislatif, sedangkan PAN hanya meraih empat kursi hasil Pemilu 2019.

"Kita harus koalisi dengan partai lain karena kurang kecukupan kursi di DPRD Pasaman, minimal harus tujuh. Namun, PAN sudah dilirik partai lain untuk berkoalisi," sebut anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat lima periode ini. 

Muzli menegaskan, Panitia harus bekerja secara profesional. Seluruh kader partai, kata dia, wajib mendukung siapa pun bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusung oleh PAN dari hasil penjaringan itu nantinya. "Panitia, saya pesankan jangan bekerja mengada ada, harus profesional melakukan penjaringan. Keputusan akhir tetap ada ditangan pengurus harian," imbuh Muzli. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 02:10:25 WIB

    Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Tinggi untuk Pilpres 2024

    Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Tinggi untuk Pilpres 2024 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Lembaga Riset Indonesia Political Opinion (IPO) membuat hasil survei tokoh -tokoh politik muda untuk maju dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024. Dalam survei IPO tersebut Ma.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 22:20:37 WIB

    Survei IPO: Tito Karnavian Berpotensi Jadi Kuda Hitam di 2024

    Survei IPO: Tito Karnavian Berpotensi Jadi Kuda Hitam di 2024 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian disebut-sebut berpotensi menjadi kuda hitam dalam Pilpres 2024 mendatang..
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 17:35:08 WIB

    Ini Struktur Alat Kelengkapan DPRD Mentawai Periode 2019-2024

    Ini Struktur Alat Kelengkapan DPRD Mentawai Periode 2019-2024 TUAPEJAT, HARIANHALUAN.COM - Susunan daftar Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai periode Tahun 2019-2020 telah selesai dibentuk tidak lama setelah pelantikan pada Oktober 2019 la.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 12:13:05 WIB

    2024 Masih Lama, tapi PDIP-Gerindra Sudah Mulai 'Bersatu'

    2024 Masih Lama, tapi PDIP-Gerindra Sudah Mulai 'Bersatu' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pesta demokrasi Pemilihan Presiden 2024 masih lama dengan durasi lima tahun lagi. Namun, PDIP dan Gerindra dinilai sudah mesra dengan membangun koalisi bersatu dari sekarang..
  • Senin, 24 Februari 2020 - 18:01:05 WIB

    Masuk Bursa Capres 2024, Begini Respons Mahfud MD

    Masuk Bursa Capres 2024, Begini Respons Mahfud MD JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nama Menko Polhukam Mahfud Md masuk dalam survei kandidat calon presiden (capres) 2024 Lembaga survei Indo Barometer. Mahfud mengatakan hasil survei itu masih prematur..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]