Maju Lewat Jalur Independen, Cakada harus Dapatkan 19.984 KTP Elektronik


Senin, 28 Oktober 2019 - 14:51:04 WIB
Maju Lewat Jalur Independen, Cakada harus Dapatkan 19.984 KTP Elektronik Ketua, Komisioner dan jajaran KPU Pasaman saat menggelar rapat pleno di aula kantor KPU setempat.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Untuk mencalonkan diri sebagai calon Kepala Daerah pada perhelatan Pilkada Kabupaten Pasaman tahun 2020 nanti tidak harus melalui partai politik. Seseorang juga bisa maju lewat jalur independen (perseorangan).

Bahkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman juga sudah mengumumkan syarat bagi calon independen (non partai) yang ingin maju sebagai calon kepala daerah dalam Pilkada 2020.  Syaratnya harus mengumpulkan dukungan warga sebanyak 19.984  jiwa, dengan bukti KTP elektronik. 

Kemudian, dukungan dalam bentuk KTP elektronik itu harus menyebar disejumlah kecamatan di wilayah itu. Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi, mengatakan bahwa pihaknya sudah menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi kandidat calon kepala daerah yang akan maju dalam Pilkada Pasaman tahun 2020, lewat jalur independen atau perseorangan.

Dua syarat tersebut, pertama mesti mengumpulkan dukungan minimal 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir pada 2019 lalu.  Berikutnya, sebaran dukungan tersebut harus mencakup lebih 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman.

"Mekanisme ini sudah sesuai PKPU Nomor 15 tahun 2019, untuk menetapkan syarat calon perseorangan secara resmi," ujar Rodi, kemaren. 

Secara hukum KPU Pasaman telah menetapkan syarat perseorangan dalam rapat pleno, pada Sabtu (26/10), terkait penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan dan sebaran dukungan dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pasaman 2020. "Jika dihitung saat ini jumlah DPT Pemilu terakhir di Pasaman sebanyak 199.836 orang. Maka syarat 10 persen yang harus dipenuhi minimal 19.984 dukungan," katanya. 

"Kemudian sebaran dukungan sedikitnya  berasal dari tujuh kecamatan, dari total 12 kecamatan di Pasaman," tambah Rodi. 

Ia mengatakan jumlah dukungan tersebut muncul berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan umum terakhir. Adapun aturan untuk calon independen mengacu pada Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor: 2096/PL.02.4-SD/01/KPU/X/2019 tentang Pedoman Jumlah Pemilih dalam DPT dan sebarannya yang Menjadi Syarat Batas Minimum Pasangan Perseorangan.

"Dukungan yang diberikan tidak hanya sebatas bukti fotokopi KTP, melainkan juga harus dilengkapi dengan surat pernyataan dari yang bersangkutan (pemilik KTP el)," katanya. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM