Mahyeldi Kukuhkan Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang


Senin, 28 Oktober 2019 - 16:22:45 WIB
Mahyeldi Kukuhkan Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang periode 2019-2021 resmi dilantik Wali Kota Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengukuhkan kepengurusan Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang periode 2019-2021 di ruang Abu Bakar Ja'ar, Balaikota, Senin (28/10). Turut hadir, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa dan beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang.

Pengurus Ekonomi Kreatif Kota Padang (Padang City Creative Committee) periode 2019 diketuai oleh Donard Games, dari Universitas Andalas Padang. Sementara itu, Wakil Ketua adalah Hafrizal Okta Ade Putra yang juga merupakan CEO BRIGHT Indonesia dan Direktur Eksekutif Haluan Insight Institute.

Pengurus lainnya terdiri dari akademisi perguruan tinggi, beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang dan unsur beberapa Bank daerah di Kota Padang. Dalam kesempatan tersebut juga digelar rapat Koordinasi Forum Pengembangan Ekonomi Daerah Kota Padang. 

Dalam sambutannya Wali Kota Padang Mahyeldi memberikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. "Besar harapan kepada bapak ibu yang baru dilantik untuk dapat merancang kebijakan pengembangan ekonomi kreatif di kota ini." ujarnya. 

Mahyeldi menambahkan, pada 2017 Kota Padang telah ditetapkan sebagai kota kreatif di bidang seni pertunjukan yang didukung oleh subsektor fashion, kuliner, kriya dan aplikasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Untuk itu, Kota Padang sebagai kota kreatif harus mampu menggerakkan partisipasi dan berkalobarasi bersama lintas stakholdet terkait untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada secara berkelanjutan," tambahnya. 

Lebih jauh dijelaskannya, Pemko Padang terus mengupayakan jumlah pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif terus meningkat. Upaya ini ditindaklanjuti dengan kegiatan pembinaan dan promosi melalui pelatihan dan pameran sebagai wadah untuk memasarkan produk.

“Selain itu, Pemko Padang juga membangun komitmen, membenahi regulasi dan mengaktualisasikan pertumbuhan ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan masyarakat,” jelasnya lagi. 

Mahyeldi berharap, keberadaan ekonomi kreatif dapat menjadi pengungkit daya saing pertumbuhan ekonomi Kota Padang, sehingga keberadaanya akan mampu meningkatkan daya saing daerah di tingkat Nasional. 

“Maka, diperlukan dukungan konkret dan komitmen dari semua pihak, baik Pemda, komunitas, akademisi agar pengembangan kota kreatif dapat dilakukan secara berkelanjutan,” paparnya mengakhiri. 

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Kota Padang Swesti Fanloni yang juga selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan dibentuknya Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang ini sebagai wadah untuk memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif. Di samping itu, juga untuk menganalisis dan menelaah isu-isu strategis terkait ekonomi daerah yang ada di Kota Padang. (*/rel)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 April 2020 - 17:08:45 WIB

    Mahyeldi: Warga Pendatang Wajib Lapor ke Puskesmas dan RT

    Mahyeldi: Warga Pendatang Wajib Lapor ke Puskesmas dan RT PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang mewajibkan seluruh masyarakat yang baru datang dari wilayah yang terpapar virus Corona atau Covid-19 diwajibkan untuk melapor kepada petugas kesehatan maupun RT/ RW s.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 23:17:49 WIB

    Mahyeldi: Tenaga Medis RS Khusus Corona Bakal Menginap di Hotel

    Mahyeldi: Tenaga Medis RS Khusus Corona Bakal Menginap di Hotel PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah memutuskan untuk menjadikan dua RSUD di provinsi itu sebagai RS khusus Corona atau Covid-19, yakni RSUD dr Rasidin dan RSUD Pariaman. Hal itu guna mengantisipas.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:21:00 WIB

    Selamatkan Kampung, Mahyeldi: Perantau Jangan Pulang Dulu

    Selamatkan Kampung, Mahyeldi: Perantau Jangan Pulang Dulu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengimbau kepada seluruh perantau untuk tidak pulang kampung dulu. Sebab, kedatangan perantau akan membuat warga kampung menjadi was-was, takut terpapar virus.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 15:13:12 WIB

    Sidak ke Mako Satpol PP, Ini yang Ditemukan Walikota Mahyeldi

    Sidak ke Mako Satpol PP, Ini yang Ditemukan Walikota Mahyeldi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah secara mengejutkan muncul di Posko Penanganan Covid-19 pada dini hari, 02.00 WIB, Selasa (31/3/2020). Petugas yang berjaga sontak salah tingkah namun semua terl.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 08:22:41 WIB

    Asmaul Husna Bergema, Mahyeldi Ajak Warga Dekatkan Diri Kepada Allah

    Asmaul Husna Bergema, Mahyeldi Ajak Warga Dekatkan Diri Kepada Allah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi virus Corona telah menyebar hingga ke Sumatera Barat. Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengajak warganya untuk mendekatkan dri kepada Allah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]