Peringati Sumpah Pemuda, ASN Pemko Sawahlunto Ziarah ke Makam Muhammad Yamin


Senin, 28 Oktober 2019 - 17:29:40 WIB
Peringati Sumpah Pemuda,  ASN Pemko Sawahlunto Ziarah ke Makam Muhammad Yamin ZiaraH ke Makam Muhammad Yamin oleh ASN Pemko Sawahlunto yang dipimpin oleh Walikota Deri Asta,Senin (28/10). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Ziarah ke makam Mahaputra Muhammad Yamin di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, menjadi agenda wajib setiap peringatan hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya oleh ASN di lingkup Pemerintahan Kota Sawahlunto. Mahaputra Muhammad Yamin merupakan Pahawan Nasional Indonesia yang juga sebagai pelopor Sumpah Pemuda 1928.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat ziarah usai upacara, Senin (28/10) menilai, pemuda sebagai tonggak revolusi perlu mencontoh semangat pemuda kala itu, salah satunya semangat Mahaputra Muhammad Yamin untuk bersama sama menjaga keutuhan negara ini.

"Nama Muhammad Yamin sebutnya, tentu tidak bisa dipisahkan disaat kita memperingati atau berbicara tentang gerakan pemuda dan lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, dan hari ini merupakan peringatan ke 90 tahun. Ia tokoh yang berperan dalam gerakan pemuda yang melahirkan sejumlah organisasi atau perhimpunan yang menjadi cikal bakal lahirnya semangt persatuan di Nusantara dan akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda," ujarnya.

Patut rasanya ungkap Deri Asta, pemuda Sawahlunto dan Indonesia pada umumnya berbangga dan senantiasa mengadopsi semangatnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia yang lebih baik.

"Dengan semangat Sumpa Pemuda, susah saatnya pemuda dan pemudi Sawahlunto bangkit, dalam berperan disetiap pembangunan yang ada, tentunya melalui kiprah dan profesinya masing masing," katanya.

Adapun Yamin lahir di Talawi, Sumatra Barat pada 23 Agustus 1903. Putra pasangan Usman Bagindo Khatib dan Siti Saadah itu menamnatkan study setingkat sekolah menengah atas di Yogyakarta, yakni Algemeene Middelbare School (AMS), kemudian mempelajari hkum di Rechts Hooge School atau Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan mendapat gekar Meester in Rechten (Mr).

Muhammad Yamin merupakan sarjana Indonesia yang pernah menerima gelar Sarjana Agung Mahaputera, gelar tersebu diberikan pemerintah kepad dirinya atas peran Yamin sebagai negarawan dan pujangga.(h/rki)


Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM